10 Manfaat Alpukat bagi Kesehatan Rubuh dan Kulit

Manfaat dari alpukat untuk kesehatan tubuh dan kulit dapat kamu peroleh dengan mengkonsumsi alpukat secara rutin maupun membuatnya menjadi pembersih wajah atau masker.

DEPOKPOS – Ada berbagai manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh dan kulit, sebab buah yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, seperti mineral, antioksidan, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin E penting yang bagus guna kesehatan kulit, termasuk zinc dan selenium.

Manfaat dari alpukat untuk kesehatan tubuh dan kulit dapat kamu peroleh dengan mengkonsumsi alpukat secara rutin maupun membuatnya menjadi pembersih wajah atau masker.

Karena kandungan antioksidan dan berbagai nutrisi yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat segudang manfaat alpukat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Berikut ini beberapa manfaat dari alpukat yang bisa kamu peroleh untuk kesehatan tubuh dan juga kulit mu.

Menjaga Berat Badan

Sebab alpukat mempunyai kandungan serat dan karbohidrat, mengkonsumsi buah ini dapat memberikan rasa kenyang yang cukup lama.

Walaupun berlemak, alpukat tidak mengakibatkan berat badan bertambah dengan cepat, sebab jenis lemak yang ada di dalamnya merupakan lemak baik.

Tetapi, untuk memperoleh manfaat dari alpukat, kamu disarankan untuk tidak memakannya secara berlebihan karena kalorinya sangat tinggi, yakni sebanyak 150-200 kalori setiap bulannya.

BACA JUGA:  5 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

Tidak hanya itu, guna menurunkan berat badan, kamu juga disarankan untuk rajin berolahraga.

Merawat Kesehatan Jantung

Buah alpukat adalah sumber lemak sehat, mineral, vitamin, serat, dan protein yang bagus untuk jantung.

Riset mengungkapkan jika pola makan tinggi sayuran dan buah, termasuk alpukat, bisa menurunkan lonjakan kolesterol jahat dan memproduksi lebih banyak kolesterol baik pada tubuh.

Kolesterol baik yang berlebihan untuk kesehatan sebab dapat mengakibatkan sumbatan pada aliran darah pada jantung dan mendorong resiko penyakit jantung.

Oleh sebab itu, alpukat bisa kamu manfaatkan menjadi pilihan buah yang bisa membantu menurunkan kolesterol dan merawat kesehatan jantung.

Mencegah dan Menyembuhkan Sembelit

Sembelit dapat terjadi sebab kurangnya kebutuhan serat atau kekurangan mengkonsumsi air putih.

Oleh sebab itu, guna mencegah dan menyembuhkan sembelit, kamu dapat memakan makanan kaya akan serat seperti alpukat.

Demi memaksimalkan khasiat alpukat untuk sembelit, kamu juga disarankan mengkonsumsi air putih yang cukup dan rajin melakukan olahraga setiap harinya, agar semuanya menjadi seimbang.

Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Makanan sehat yang satu ini bisa menekan terjadinya kanker dalam tubuh.

Hal ini sebab dalam buah alpukat mengandung berbagai antioksidan dan nutrisi, seperti lutein, asam oleat, vitamin C dan vitamin E yang bagus guna menekan tumbuhnya sel kanker.

BACA JUGA:  Olivia Burton Luncurkan Koleksi Terbaru, Sambut Musim Semi dan Musim Panas 2023

Bukan hanya dalam buah alpukat saja, penelitian menunjukkan jika berbagai zat yang memiliki sifat anti kanker pun ada pada bijinya.

Tetapi, efektivitas khasiat alpukat yang ini masih harus diteliti lebih dalam.

Untuk mengurangi risiko terjadi kanker, penting untuk kamu guna menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, seperti makan makanan sehat, banyak minum air putih, rajin berolahraga sampai hindari merokok.

Menghindari Terjadinya Radang Sendi

Buah alpukat adalah sumber antioksidan yang berguna untuk menghindari terjadinya peradangan dalam tubuh.

Bahkan, salah satu studi mengungkapkan jika mengkonsumsi buah alpukat bisa menghindari terjadinya radang sendi.

Tetapi, khasiat buah alpukat ini masih membutuhkan penelitian lebih dalam.

Melembabkan Kulit

Alpukat bisa melembabkan kulit, sebab buah ini tinggi akan mineral, vitamin, air, dan lemak baik.

Karena kandungannya tersebut, buah alpukat dapat dipakai menjadi bahan alami guna mengatasi kulit pecah-pecah atau kering.

Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam buah alpukat bisa menyembuhkan kerusakan kulit karena masalah tersebut, seperti jerawat dan eksim.

Menyuburkan Elastisitas Kulit

Khasiat alpukat guna kesehatan wajah berikutnya yaitu menyubur elastisitas kulit wajah.

Khasiat yang satu ini bisa didapatkan sebab pada alpukat memiliki kandungan vitamin C dan mangan, yakni nutrisi penting yang diperlukan tubuh guna memperbanyak jumlah kolagen.

BACA JUGA:  Rayakan Hari Kesehatan Sedunia, Tropicana Slim Gelar #BeatDiabetes2023 Serentak di 36 Kota di Indonesia

Kolagen adalah protein yang diperlukan kulit guna menjaga elastisitasnya.

Tidak hanya itu, terdapat pula riset yang memperlihatkan jika lemak sehat yang terkandung dalam alpukat bisa membantu menyuburkan elastisitas kulit dan mencegah terjadinya kerutan pada wajah.

Menekan Dan Memperbaiki Kulit yang Rusak

Alpukat mempunyai kandungan zat dan nutrisi yang bisa meredakan peradangan pada kulit, seperti antioksidan, vitamin A, B, C dan E.

Bahkan, terdapat penelitian yang mengungkapkan jika seluruh kandungan nutrisi tersebut bisa melindungi kulit dari berbagai kerusakan yang dikarenakan dari paparan cahaya matahari.

Menekan Hiperpigmentasi Kulit

Vitamin C dan vitamin E yang terkandung di dalam alpukat sangat bermanfaat guna menekan dan mengatasi terjadinya penggelapan kulit atau biasa dikenal dengan hiperpigmentasi.

Hal ini sebab vitamin tersebut bisa membantu meredakan peradangan pada kulit dan mengurangi produksi melanin, yang mendorong timbulnya noda hitam pada kulit.

Menghindari Munculnya Jerawat

Khasiat alpukat bagi wajah berikutnya yaitu menghindari munculnya jerawat.

Hal ini bisa terjadi sebab adanya kandungan omega-3 dan vitamin C dalam alpukat yang bisa menghindari peradangan di kulit, sehingga bisa terhindar dari timbulnya jerawat.

Muhammad Yahya

Pos terkait