10 Warga Palestina Tewas dalam Serangan Militer Israel di Nablus

Sepanjang tahun ini saja Israel telah membunuh 59 warga Palestina. Di dalamnya termasuk 11 anak di bawah umur, satu wanita, dan dua pria lansia.

DEPOKPOS – Sebanyak 10 warga Palestina tewas dan lebih dari 100 lainnya mengalami luka-luka dalam operasi serangan militer Israel di Nablus pada Rabu (22/2/2023).

Palestina telah meminta Dewan Keamanan PBB menggelar sesi darurat tentang pembantaian tersebut.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Dompet Dhuafa Serukan Bantuan Bagi Rakyat Palestina

“Kepemimpinan Palestina menyerukan sesi darurat Dewan Keamanan PBB setelah pasukan Israel membunuh 10 warga Palestina, termasuk seorang lansia dan anak-anak, serta melukai lebih dari 100 lainnya dengan peluru tajam,” tulis kantor berita Palestina, WAFA, dalam laporannya.

Menurut WAFA, di antara korban luka, enam di antaranya berada dalam kondisi kritis.

Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Malki juga telah meminta Dewan Liga Arab untuk bersidang di tingkat wakil tetap untuk membahas peristiwa di Nablus.

BACA JUGA:  Masyarakat di Irlandia dan Kanada Gelar Demonstrasi Dukung Palestina

Permintaan pertemuan turut disampaikan ke Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) guna mengutuk tindakan Israel.

Pada Rabu, pasukan Israel menggelar operasi penggerebekan di Nablus. Operasi digelar pada jam sibuk.

Menurut sejumlah saksi, pasukan Israel mengepung sebuah rumah sambil menembak ke sembarang arah.

Warga Palestina di sekitar lokasi turut memberikan perlawanan. Mereka melempari kendaraan lapis baja Israel dengan batu.

Menurut Bulan Sabit Merah di Nablus, tentara Israel mencegah ambulans mendatangi lokasi kejadian untuk mengevakuasi para korban luka. Sebanyak 10 orang tewas dalam operasi pasukan Israel.

BACA JUGA:  UBN Harap Konflik Sudan Mereda

Kelompok Hamas turut mengecam peristiwa di Nablus dan berjanji akan melancarkan serangan balasan dari Jalur Gaza.

“Kami di Gaza memantau meningkatnya kejahatan yang dilakukan oleh musuh terhadap rakyat kami di Tepi Barat, dan kami sudah kehabisan kesabaran,” ujar juru bicara Hamas Abu Ubaida.

Dengan tewasnya 10 orang di Nablus, sepanjang tahun ini saja Israel telah membunuh 59 warga Palestina. Di dalamnya termasuk 11 anak di bawah umur, satu wanita, dan dua pria lansia.

Pos terkait