2 Sifat Ini Ternyata Bisa Bikin Panjang Umur

MJ, Jakarta – Centerian, istilah untuk mereka yang mencapai usia 100 tahun atau lebih, menjadi sorotan karena misteri panjang umur yang mereka miliki. Meskipun fenomena ini belum dapat diakses oleh semua orang, dua sifat sederhana telah terbukti memiliki dampak positif terhadap umur panjang: berpikir positif dan optimis.

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), pada tahun 2021, terdapat sekitar 573.000 centerian di seluruh dunia, dan perkiraan mereka memperkirakan jumlah ini akan meningkat pesat menjadi 3,7 juta orang pada tahun 2050.

BACA JUGA:  Seruit Makanan Khas Lampung

Penelitian menunjukkan bahwa kekuatan berpikir positif bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan mental, tetapi juga dapat memperpanjang umur. Sebuah penelitian pada Agustus 2019 mengungkapkan bahwa sikap optimis dikaitkan dengan umur hidup 11-15% lebih lama, dengan kemungkinan hidup hingga usia 85 tahun atau lebih.

BACA JUGA:  Tegalega Joging Track, Pilihan Masyarakat Bandung Raya & Wisatawan Domestik di Hari Minggu

Dalam konteks ini, Dr. Karen D. Sullivan, seorang neuropsikolog bersertifikat, menjelaskan bahwa pandangan positif mengurangi risiko penyakit kronis dan memberikan peluang lebih besar untuk mencapai usia lanjut.

Selain itu, Dr. Karen Miller menyoroti dampak positif perilaku seperti meditasi, yoga, olahraga, dan aktivitas positif lainnya dalam menurunkan tingkat stres dan peradangan. Stres diketahui menjadi penyebab penuaan yang lebih cepat, masalah fisik, dan gangguan kognitif.

BACA JUGA:  Menjadi Desa Yang Mandiri : Desa Mandiri Energi, Desa Mandiri Pangan

Maka dari itu, dalam perjalanan menuju umur panjang, mengasah sifat berpikir positif dan optimis, serta mengelola stres, menjadi kunci untuk memastikan kualitas hidup yang optimal dan memperpanjang masa usia dengan kesejahteraan.

Pos terkait