3 Cara Efektif Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam untuk Pria

Kebanyakan pria biasanya lebih banyak berativitas sehari-hari dari luar ruangan dan lebih rentan terpapar debu

DEPOKPOS – Dalam hal merawat kulit, wanita kebanyakan yang lebih rajin daripada pria, karena alasan ini, pria pun sama hal nya dengan wanita yang kerap mengalami permasalahan kulit. Kebanyakan pria biasanya lebih banyak berativitas sehari-hari dari luar ruangan dan lebih rentan terpapar debu dan kotoran diwajahnya.

Oleh karena itu, kulit yang berminyak dan kusam adalah dua masalah pria yang sering dialaminya. Sama halnya dengan para wanita, masalah seperti ini bisa menimbulkan rasa kurangnya percaya diri. Kalau kamu adalah salah satu yang sering mengalami masalah ini, berikut cara untuk mengatasi wajah yang berminyak dan kusam. Disimak ya!

BACA JUGA:  Lazada Run Ajak Tambah Kebugaran Keluarga lewat Kompetisi Lari di Indonesia

1. Gunakan masker wajah

Menggunakan masker wajah beberapa kali dalam seminggu juga dapat mengatasi kulit berminyak dan membuat wajah lebih cerah. Kamu bisa memilih masker siap pakai yang banyak dijual di pasaran atau menggunakan masker dari bahan-bahan alami. Beberapa bahan alami yang bisa kamu pakai untuk masker contohnya air lemon, madu, putih telur maupun lidah buaya.

BACA JUGA:  Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Ini Tipsnya!

2. Rutin Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah secara teratur bisa membantu mengurangi dan membersihkan wajah dari minyak berlebih. Lakukan cuci muka setiap pagi, sore, atau setelah berolahraga.

Selain itu, pilihlah pembersih wajah pria yang ringan dan lembut (gentle). Tidak harus berlabel khusus ‘for men’, yang penting sesuai dengan kebutuhan Anda. Hindari menggosok wajah terlalu keras karena bisa menyebabkan iritasi.

BACA JUGA:  5 Bahaya Konsumsi Pemanis Buatan bagi Kesehatan Tubuh

Meski begitu, Anda sebaiknya tidak terlalu sering mencuci muka. Pasalnya, mencuci muka terlalu sering justru membuat kulit wajah kering. Saat kulit kering, tubuh akan memproduksi minyak lebih banyak dan malah membuat wajah Anda semakin berminyak.

3. Hindari konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan pembesaran kelenjar minyak. Hal ini juga bisa memicu pori-pori membesar dan timbulnya minyak berlebih.

Abdul Djabbar Alfathi

Pos terkait