3 Manfaat Jahe untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

DEPOKPOS – Sebagai penduduk Indonesia yang negaranya dikenal akan berbagai jenis rempah yang kaya manfaat untuk kesehatan, tentu kita tidak asing lagi dengan yang namanya jahe.

Tidak hanya identik sebagai bumbu masakan, jahe secara turun-temurun seringkali dijadikan bahan pengobatan alami sejak zaman nenek moyang.

Memiliki ciri khas aroma yang menyengat, rempah ini juga kerap dimanfaatkan untuk membuat makanan dan minuman.

BACA JUGA:  5 Tempat Kuliner Kaki Lima di Depok

Tak sebatas itu aja, masih banyak banget manfaat jahe yang perlu kamu ketahui untuk kesehatan tubuh. Yuk simak lebih lanjut.

1. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Gingerol adalah kandungan dalam jahe yang memiliki efek antioksidan yang mampu melawan peradangan dalam tubuh.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa jahe dapat mengurangi stres oksidatif. Stres oksidatif bisa terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan.

BACA JUGA:  Collabonation Tour: Tulus, Iwa K, dan Barasuara Hadir Sapa Kota Bekasi

Tubuh perlu menghilangkan radikal bebas untuk mencegah terjadinya kerusakan sel yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya kanker.

2. Memperkuat Imun Tubuh

Jahe mengandung berbagai senyawa kimia aktif yang berfungsi sebagai antioksidan, anti radang, serta anti bakteri yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi.

BACA JUGA:  Lakukan 5 Hal Ini Agar Kesehatan Telinga Terjaga

3. Meredakan Gejala Masuk Angin

Di saat udara terasa dingin dan kamu merasa gak enak badan, mengonsumsi jahe menjadi pilihan yang tepat untuk meredakan gejala masuk angin sekaligus menghangatkan tubuhmu.

Cold-Pressed SHOTs menjadi minuman tradisional versi praktis yang dipadukan dengan rempah-rempah segar lainnya yang juga bagus untuk meredakan gejala tersebut.

Abdul Djabbar Alfathi

Pos terkait