33.440 Peserta Ikuti Ujian SIMAK UI Program Pasca Sarjana dan Vokasi 2023

DEPOKPOS – Sebanyak 33.440 peserta telah mengikuti ujian Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) jenjang Sarjana dan Program Pendidikan Vokasi, pada Minggu (9/7). Ujian dilaksanakan secara daring dan diselenggarakan pada waktu yang sama di seluruh Indonesia, yakni mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Ujian ini tidak hanya diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia saja, tetapi juga diikuti oleh peserta yang berasal dari luar negeri, seperti Malaysia dan Kenya.

Melalui ujian SIMAK ini, daya tampung yang akan diterima sebanyak 1.777 calon mahasiswa baru dengan 79 program studi (prodi) yang ditawarkan. Prodi-prodi tersebut terdiri dari 64 prodi Sarjana, 9 prodi D3, dan 6 prodi D4. Dari total keseluruhan yang mendaftar, prodi yang paling diminati dari rumpun Ilmu Sosial Humaniora (Soshum) adalah S1 Manajemen dan dari rumpun Ilmu Sains, Teknologi, dan Kesehatan (Saintekes) adalah Pendidikan Dokter. Hasil ujian SIMAK UI Program Sarjana dan Vokasi Tahun 2023 akan diumumkan pada 18 Juli 2023 secara online pada akun pendaftar melalui laman www.penerimaan.ui.ac.id.

BACA JUGA:  UI dan TNI AL Kolaborasi Riset Archipelagic Joy Sailing and Research

Sebelumnya, ujian SIMAK untuk Kelas Internasional telah dilaksanakan lebih dulu pada Minggu (25/6) dan hasil seleksi sudah diumumkan pada, Rabu (5/7). Dari 1.406 yang mendaftar, terdapat 565 peserta yang dinyatakan lulus dan diterima sebagai calon mahasiswa baru (camaba) UI. Prodi Manajemen (Single Degree dan Double Degree) menjadi prodi yang paling banyak menerima camaba, yaitu 71 orang.

BACA JUGA:  Syahril Aditya Ginanjar, Lulus UI dengan IPK 4

Untuk peserta yang dinyatakan lulus dan diterima dari SIMAK UI Kelas Internasional, dapat melakukan Pra-Registrasi yang sudah dimulai sejak 5 Juli sampai dengan 12 Juli 2023. Selanjutnya, camaba dapat melakukan pembayaran biaya pendidikan pada 7-15 Juli 2023. Dokumen Pra-Registrasi camaba yang telah diverifikasi dan telah melakukan pembayaran biaya pendidikan, secara otomatis akan diregistrasi sebagai mahasiswa baru setelah 16 Juli 2023.

BACA JUGA:  Kampanye Fantastik, Persuasi Kurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Selain untuk program Sarjana, Sarjana Kelas Internasional, dan Program Vokasi, SIMAK UI juga diselenggarakan untuk program Pascasarjana seperti Magister (S2), Profesi, Spesialis, dan Doktoral. Ujian seleksi SIMAK UI Pascasarjana Gelombang 2 dan program Sarjana Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) telah berlangsung pada 2 Juli 2023 dengan total jumlah pendaftar 4.347 untuk total Pascasarjan dan 690 untuk Program Sarjana RPL (Ekstensi lulusan D3). Adapun Hasil ujian SIMAK UI Pascasarjana Gelombang 2 dan program Sarjana RPL (Ekstensi lulusan D3) akan diumumkan pada tanggal 25 Juli 2023 secara online pada akun pendaftar melalui laman www.penerimaan.ui.ac.id.

Pos terkait