4 Tips agar Tetap Semangat Bekerja Saat Berpuasa

Jumlah tersebut menjadi angka tertinggi yang tercatat sejak 2016

DEPOKPOS — Sebagai pejuang pencari nafkah, kamu tetap harus bekerja dalam kondisi apa pun, bahkan pada bulan puasa. Baik dalam menjalankan usaha maupun bekerja di kantor.

Puasa di bulan Ramadhan kali ini mungkin berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana kali ini aktivitas khususnya perkantoran sudah mulai dibuka kembali dengan menerapkan skema Work From Home (WFH) dan Work From Office (WFO) yang tetap menerapkan protokol kesehatan (5M).

Oleh sebab itu, kami akan membahas beberapa tips agar kita bisa selalu bugar dan semangat dalam menjalankan pekerjaan kita sehari-hari. Disimak ya!

BACA JUGA:  Pengamanan Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran di Kabupaten Rembang Diperkuat dengan Anggota Brimob dan Personil TNI Bersenjata Lengkap

1. Niat

Sebelum kita berpuasa tentu saja kita harus mengucapkan niat dalam hati bahwa kita akan melaksanakan puasa pada hari ini.

Selain niat berpuasa ketika kita berangkat bekerja niatkan hati kita untuk bekerja karena mencari Ridho dari Allah SWT.

2. Maksimalkan Waktu Antara Sahur dan Subuh

Tips bekerja di bulan puasa selanjutnya, yakni maksimalkan waktu antara sahur dan Subuh. Setelah Imsak, kamu masih perlu menunggu waktu salah Subuh.

BACA JUGA:  Pastikan Kesiapan Armada Angkutan Darat Layak Mudik Lebaran, Dishub Sumut Bersama PT. Jasa Raharja Melakukan Rampcheck Di Seluruh Terminal Sumut

Manfaatkan selang waktu setelah sahur ini untuk mengecek kembali daftar pekerjaanmu untuk hari itu. Buatlah prioritas, mana yang akan kamu kerjakan terlebih dahulu.

3. Tidur cukup

Tips berikutnya agar kamu bisa tetap semangat kala bekerja saat puasa adalah untuk memiliki jam tidur yang memadai. Tidur yang kurang tentu akan mempengaruhi fokus dan menurunkan semangat bekerjamu.

BACA JUGA:  Pemdes Margorejo Salurkan BLT-DD Kepada 59 KPM

Oleh karena itu, untuk mengusir malas bekerja saat puasa, kamu sebaiknya segera tidur setelah beribadah di malam hari seperti melaksanakan salat tarawih.

4. Jangan terlalu banyak duduk

Ketika melakukan aktivitas pekerjaan, kebanyakan kita mengerjakannya sambil duduk, apalagi bagi kita yang memang pekerjaannya didepan komputer.

Oleh sebab itu untuk merilekskan tubuh, sebaiknya setiap beberapa waktu kita berdiri dan jalan sejenak baru melakukan aktivitas kembali.

Abdul Djabbar Alfathi

Pos terkait