5 Cara Ampuh Mengubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan

Kegagalan adalah suatu hal normal yang terjadi pada manusia

DEPOKPOS – Ketika kita sudah merencanakan sesuatu atau mengharapkan sesuatu dan ternyata kita tidak berhasil menggapai suatu hal tersebut, maka berbagai emosi negatif akan merasuki kita. Dan terkadang kita jadi malu untuk bertemu orang lain.

Tetapi kegagalan adalah suatu hal normal yang terjadi pada manusia. Bahkan seorang idol korea berasal Indonesia bernama Zayyan, sebelum debutnya di korea bersama grupnya yaitu XODIAC dia mengalami beberapa kegagalan dalam ajang pencarian bakat di Indonesia.

Oleh karena itu daripada kita terus tenggelam dalam kesedihan pahitnya kegagalan, lebih baik mengubahnya menjadi kesuksesan. Silahkan simak 5 cara ampuh mengubah kegagalan menjadi keberhasilan di bawah ini.

Pahami Kegagalan Anda

Kenapa kita bisa gagal? Apakah karena kelalaian diri sendiri? Kurangnya berlatih? Atau kita hanya sedang tidak beruntung saja?

BACA JUGA:  Dampak Perceraian Terhadap Psikologi Anak

Ketika gagal dalam suatu hal pasti banyak pertanyaan yang terlintas di fikiran anda mengapa anda bisa gagal dalam hal tersebut, sebelum anda menerapkan langkah lebih lanjut penting untuk mengidentifikasi penyebab hal tersebut.

Contohnya ketika anda melamar kerja, tetapi anda selalu ditolak. Setelah sedikit intropeksi diri, anda mendapati bahwa anda selalu ditolak pada tahap wawancara. Anda biasanya menjadi gugup ketika wawancara sehingga terlihat tidak kompeten. Mendapati hal ini, anda harus berlatih wawancara kerja dengan kawan yang lamarannya diterima. Meskipun solusi ini sudah biasa namun bisa dikatakan ini adalah solusi yang tepat.

Akui Kesalahan Stop Menyalahkan Orang Lain

Berhentilah menyalahkan orang lain atas kegagalan yang anda alami. Karena, hal itu tidak ada gunanya, anda hanya mencari pembenaran atas kegagalan yang sudah berlalu.

BACA JUGA:  Membentuk Keluarga Sakinah dalam Pernikahan Dini

Misalnya, ketika anda mengikuti kompetisi berkelompok mewakili sekolah anda. Performa anda bagus, tetapi performa teman anda kurang bagus sehingga tim kalah. Ketika diurut memang teman anda penyebabnya, tetapi sebagai rekan tim anda juga punya andil dalam ketidakberhasilan tersebut.

Jadi, daripada terus mengingat kesalahan orang lain, lakukanlah antisipasi dan persiapan yang lebih di lain waktu. Pastikan semua anggota tim siap menghadapi kompetisi. Stop menyalah-nyalahkan seperti anak kecil.

Optimis

Sikap optimis yang ditandai dengan cara pandang yang positif. Optimis dalam melihat kegagalan sebagai keberhasilan yang tertunda.
Meskipun terkesan sudah biasa, tetapi justru bisa meningkatkan semangat untuk maju. Mental anda juga tidak akan mudah down dengan mindset yang optimis.

Terbuka Dengan Saran Dan Kritik

Anda perlu menjadi orang yang terbuka dengan menceritakan kegagalan anda terhadap orang lain atau teman anda. Coba dengarkan saran, kritik, dan opini orang lain.

BACA JUGA:  Tips Mengatasi Kesulitan dalam Menulis

Mengapa ini penting?

Sebab setiap orang pasti mempunyai pandangan yang berbeda. Akan ada hal-hal yang tidak anda sadari karena kurangnya pengalaman. Dengan bertanya kepada orang lain, akan menambah pengetahuan anda. Dengan begitu anda bisa lebih merinci perencanaan yang sedang anda jalani, dan bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Sabar

Ketika mengalami kegagalan stop membayangkan usaha yang dilakukan itu sia-sia. Untuk meraih impian yang anda inginkan anda perlu melakukan banyak hal, oleh karena itu jangan langsung menyerah ketika anda mengalami kegagalan dalam meraih impian.

Dalam ranah sikap, penting sekali untuk menanamkan sikap sabar. Bersabarlah ketika menghadapi masalah, dan sabarlah ketika impian yang anda inginkan tak kunjung terwujud.

Fatiya Muthmainnah

Pos terkait