5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan, Banyak yang Tidak Tahu!

DEPOK POS – Anda penggemar buah pir? Buah berkulit hijau yang rasanya manis dan renyah saat digigit ini memang nikmat dijadikan camilan sehat. Di balik kelezatan rasanya, buah pir ternyata juga menyimpan berbagai kandungan gizi dan manfaat bagi kesehatan.

Buah pir merupakan salah satu buah favorit yang mudah ditemukan di Indonesia. Selain memiliki rasa yang manis dan enak, buah pir ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Penasaran? Yuk simak ulasan dibawah ini.

1. Mencegah sembelit

Kandungan serat pir cukup tinggi sehingga buah ini dinilai ampuh untuk mencegah dan mengatasi sembelit. Cukup dengan mengonsumsi satu buah pir ukuran sedang, Anda bisa memenuhi 22% kebutuhan serat dalam sehari.

BACA JUGA:  Bunda, Hindari Makanan Ini untuk Si Kecil!

Buah pir juga mengandung sejenis serat yang disebut pektin. Pada sebuah penelitian di Tiongkok, pemberian pektin sebanyak 24 gram per hari selama satu bulan terbukti membantu meringankan sembelit dan mendukung pertumbuhan bakteri usus.

2. Membantu menjaga kesehatan tulang

Buah pir mengandung berbagai vitamin dan mineral penting untuk tulang, di antaranya vitamin K dan boron. Vitamin K bersama mineral lain seperti kalsium, magnesium, dan fosfor bekerja sama untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah pengeroposan.

BACA JUGA:  Diet Merubah Pola Makan Menjadi Lebih Sehat

Sementara itu, boron berperan dalam menambah kepadatan mineral tulang, menjaga kadar vitamin D dalam tulang, dan meredakan peradangan di sekitar tulang. Berbagai fungsi ini merupakan kunci dari tulang yang kuat dan padat.

3. Teman diet yang ampuh

Buah pir kaya akan kandungan serat dan air. Pada saat yang sama, buah dengan nama ilmiah Pyrus communis ini juga rendah lemak, kalori, dan kolesterol. Semua ini merupakan kombinasi tepat untuk Anda yang sedang berjuang menurunkan berat badan.

Hal ini bahkan telah terbukti dalam sebuah penelitian terbitan jurnal Food & Function. Setelah para peserta rutin makan pir selama 12 minggu, tim peneliti menemukan bahwa lingkar pinggang mereka mengecil hingga sebesar 2,7 sentimeter.

BACA JUGA:  5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit agar Tetap Terawat

4. Membantu Menjaga Kesehatan Saraf

Tembaga yang terkandung dalam buah pir membantu menjaga kesehatab sel saraf. Tak hanya itu, zat ini juga berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, kolagen serta penyerapan zat besi.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah pir juga bisa dirasakan opada kulit. Pasalnya, buah ini mengandung vitamin C dan tembaga yaitu nutrisi yang berperan penting dalam pembentukan kolagen yang mempengaruhi elastisitas kulit.

Abdul Djabbar Alfathi

Pos terkait