5 Tips Cegah Penyakit Hepatitis

Apakah selama ini kamu mengetahui bahwa penyakit hepatitis bisa dicegah?

DEPOKPOS – Kamu wajib tau cara mencegah penyakit hepatitis agar kamu bisa terhindar dari serangan penyakit hepatitis.

Hepatitis adalah penyakit yang bisa di bilang menular, penyakit ini cukup tingi kasus dalam penyebaran nya di Indonesia, penyakit ini bisa di sebabkan dari virus di peradangan , sehingga virus ini bisa tersebar dan menularkan orang lain, hapatisis ini juga bisa membuat gangguan kesehatan untuk penderita nya seperti peradangan hati, bisa juga yang resiko nya seumur hidup karena menderita hepatitis kronis, makanya kamu di sini harus mencegah agar tidak terkena penyakit hepatitis.

Cara untuk mencegah penyakit hepatitis

Rutin mencuci tangan

Untuk cara pertama mencegah penularan penyakit hepatitis yang pertama ini adalah Rutin mencuci tangan , menerapkan pola hidup bersih sehat. Menjaga kebersihan adalah kunci utama dari cara mencegah hepatitis, terutama jenis hepatitis yang belum memiliki vaksin, seperti hepatitis C, D, E, dan hepatitis misterius. Karna mencuci tangan bisa menghindari serangan virus.

BACA JUGA:  Mitos atau Fakta, Makan Sayur Kangkung bisa Bikin Ngantuk?

Hindari berbagi jarum suntik

Untuk cara kedua mencegah penularan penyakit hepatitis adalah Jarum atau alat kesehatan lain yang tidak steril bisa menjadi sarana penyebaran virus hepatitis, kamu perlu waspada, terutama ketika bekerja sebagai petugas kesehatan yang berkontak langsung dengan penderita hepatitis, selain itu, pemakaian jarum sembarangan, seperti jarum pada pembuatan tato atau penggunaan obat terlarang, juga bisa menjadi media penularan virus.

BACA JUGA:  3 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Berpuasa

Tidak menggunakan alat kebersihan bersama

Untuk cara yang ketiga menvegah penularan penyakit hepatitis adalah, berbagi dengan orang lain memang bukan hal yang buruk. Namun, Anda tetap harus tahu kapan untuk berbagi suatu barang dengan orang lain. Sebagai contoh, berbagi sikat gigi, alat cukur, gunting kuku, dan alat pribadi lainnya dapat meningkatkan risiko hepatitis, terutama hepatitis C. Terkadang pasien hepatitis tidak menunjukkan gejala hepatitis. Bila darah orang tersebut menempel di salah satu alat kebersihan Anda, kemungkinan virus dapat masuk ke dalam tubuh.

Perhatikan kebersihan makanan

Untuk cara yang ke empat mencegah penularan penyakit hepatitis adalah Makanan dan minuman yang terkontaminasi virus dapat menjadi rute penularan hepatitis. Salah satu jenis virus hepatitis yang sering ditularkan lewat makanan dan minuman adalah hepatitis A dan hepatitis E, kementerian Kesehatan juga menduga bahwa hepatitis akut misterius yang terjadi pada anak-anak disebabkan oleh virus yang menyerang saluran cerna, Maka dari itu, usahakan untuk konsumsi makanan dan minuman yang matang, bersih, dan diolah dengan higienis.

BACA JUGA:  Wajib Coba, 5 Jus Buah Ini Dipercaya Merawat Kecantikan Kulit

Vaksin Hepatitis

Untuk cara yang kelima mencegah penularan penyakit hepatitis adalah mendapatkan vaksin hepatitis. Meski begitu, sejauh ini baru tersedia vaksin untuk dua jenis virus hepatitis, yaitu hepatitis A dan hepatitis B. Vaksin adalah cara pencegahan yang paling efektif untuk menekan jumlah kasus hepatitis. Pasalnya, ketika vaksin hepatitis diberikan pada orang yang berisiko terinfeksi, tubuh akan dirangsang untuk membuat antibodi.

Asril Gunawan

Pos terkait