5 Tips Memanjangkan Rambut untuk Pria

DEPOKPOS – Rata-rata rambut tumbuh sekitar setengah inci dalam sebulan, tapi pada beberapa orang bisa tumbuh lebih cepat atau bahkan dua kali lebih cepat.

Secara umum, rambut pria lebih cepat tumbuh dibanding rambut wanita. Kecuali dalam beberapa kasus, kehamilan disebut bisa mempercepat rambut tumbuh.

Rambut tumbuh paling cepat antara pertengahan remaja dan akhir usia 20-an, lantas melambat seiring bertambahnya usia.

Menggunakan lebih banyak kondisioner dan lebih sedikit sampo adalah salah satu cara yang bukan saja bisa memperkuat rambut Anda, melainkan juga membuat rambut tumbuh lebih cepat.

Sedikit Shampo, Perbanyak Kondisioner

Bagi Anda para pria yang ingin memanjangkan rambut, gunakan kondisioner, bukan sampo. Kondisioner mampu membantu mengganti lipid dan protein pada rambut Anda. Selain juga memberikan kelembapan ekstra.

BACA JUGA:  The Girl Fest 2023 Hadirkan Perempuan Inspiratif

Kondisi tersebut sangat penting karena rambut yang kering akan susah bertambah Panjang dan sampo seringkali dapat menghilangkan minyak yang diperlukan rambut.

Jadi cobalah untuk tidak terlalu sering keramas. Untuk memanjangkan rambut lebih cepat pada pria, batasi penggunaan sampo sebanyak satu atau dua kali seminggu.

Mulailah menggunakan kondisioner tanpa bilas untuk pria.

Diet Seimbang

Mengatur pola makan rupanya jadi salah satu yang perlu Anda perhatikan jika ingin memanjangkan rambut dengan cepat.

Konsumsi makanan seimbang akan membuat tubuh Anda mendapatkan semua vitamin penambah rambut seperti biotin, asam folat, dan vitamin A, C, D, serta E.

BACA JUGA:  Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat Ala Dosen UGM

Utamanya vitamin E yang telah terbukti memiliki beberapa manfaat bagi pria, termasuk kemampuan mempercepat pertumbuhan rambut.

Menyisir Rambut

Menyisir rambut secara teratur dengan sikat rambut yang lembut, jadi salah satu cara untuk memanjangkan rambut pada pria.

Langkah ini akan meratakan minyak alami rambut hingga ke ujung, selain juga meningkatkan penampilan rambut.

Hindari Air Panas

Hindari menggunakan air panas untuk rambut karena dapat menghilangkan minyak alami pada kulit kepala Anda sehingga justru membuat rambut rentan rusak.

Namun, Anda juga tak perlu langsung total menggunakan air dingin untuk meningkatkan kesehatan rambut.

BACA JUGA:  Nur Fadil, Menjadi Teladan dengan Menghafal Al-Qur’an

Karena faktanya, membilas rambut dengan air dingin dapat membuatnya lebih berkilau dan sehat adalah mitos belaka.

Sebagai gantinya, beralihlah ke air hangat. Mandi air hangat akan membantu membersihkan residu dari kulit kepala jauh lebih baik daripada air dingin.

Membilas dengan air hangat juga memungkinkan rambut tumbuh tanpa hambatan, dengan demikian rambut bisa lebih cepat panjang.

Biarkan Rambut Rileks

Sesekali, biarkan rambut Anda apa adanya. Setelah keramas, hindari langsung menyikat dan biarkan rambut kering sendiri.

Cobalah untuk tidak mengeringkan rambut dengan pengering rambut, menyikatnya setelah selesai mandi, mengecatnya, atau menggunakan produk penata rambut yang sarat bahan kimia.

Muhammad Yahya

Pos terkait