5 Tips Sehat agar Puasa Berjalan Lancar

MJ. Depok – Selama puasa kita harus menahan haus dan lapar seharian. Sementara itu pola hidup kita juga ikut berubah mulai dari pola tidur hingga makan. Namun, ada satu kebiasaan yang tidak dapat tergantikan, yakni menjaga kesehatan.

Jika Anda menerapkan puasa dengan cara sehat dan tepat, maka bukan hanya dapat menahan lapar dan haus semata, tetapi juga memberi manfaat kesehatan lainnya.

Bacaan Lainnya

Supaya tetap sehat dan bugar, kami akan membahas beberapa tips puasa sehat yang perlu Anda lakukan. Disimak ya!

BACA JUGA:  Bupati Musi Rawas Hadiri Silaturahmi dan Penyerahan Bantuan Masjid di Desa Ketuan Jaya

1. Minum air putih yang cukup

Cobalah untuk memenuhi asupan air putih Anda dengan baik di luar waktu puasa. Anda bisa minum air putih saat berbuka, sahur, dan di antara keduanya.

Orang dewasa dianjurkan untuk minum 2 liter air putih supaya tubuh terhidrasi dengan baik. Hal ini juga bermanfaat untuk mengatasi lemas saat puasa.

2. Jangan kalap saat berbuka puasa

Banyak orang yang makan secara berlebihan saat berbuka puasa. Kebiasaan ini sebaiknya dihindari karena bisa membuat perut merasa kembung, kelelahan, hingga ngantuk setelah makan.

BACA JUGA:  6 Makanan Penguat Stamina Tubuh saat Berpuasa

Cara terbaik untuk berbuka puasa adalah melahap makanan secukupnya supaya tubuh Anda tidak ‘kaget’. Tips puasa sehat ini sebaiknya Anda terapkan setiap berbuka puasa.

3. Hindari konsumsi makanan berminyak secara berlebihan

Gorengan merupakan salah satu takjil yang enak dan mudah didapatkan. Sayangnya, makanan ini tidak sehat jika dikonsumsi secara berlebihan.

Oleh karena itu, salah satu tips Ramadan sehat yang perlu Anda lakukan adalah batasi makanan yang diolah dengan cara digoreng.

Sebagai gantinya, Anda bisa mencoba teknik memasak lain untuk membuat menu buka puasa sehat.

BACA JUGA:  Ini Daftar Ramen Halal di Indonesia, Jangan Salah Pilih!

4. Menjaga pola tidur

Jika harus melakukan persiapan untuk sahur dan bangun di pagi hari, maka hindari tidur larut malam.

Setelah menjalankan ibadah malam hari dan melakukan aktivitas yang penting, disarankan memaksimalkan waktu tidur agar tidak mengantuk di siang hari.

5. Aktivitas fisik

Meskipun sedang berpuasa, aktivitas fisik masih sangatlah penting untuk menjaga kebugaran tubuh.

Kamu dapat melakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki atau jogging di sore hari selama minimal 30 menit. Aktivitas fisik dapat membantu tubuh tetap bertenaga.

Pos terkait