6 Makanan Penguat Stamina Tubuh saat Berpuasa

DEPOKPOS – Selama menjalani puasa di bulan suci Ramadan, sebaiknya umat Muslim mulai memperhatikan makanan sehat dan bergizi untuk menguatkan stamina tubuh.

Sehingga, puasa dapat berjalan dengan baik. Dalam membangun stamina yang kuat, tubuh harus memiliki energi yang cukup. Salah satu sumber energi berasal dari asupan makanan bergizi.

Bacaan Lainnya

Selama waktu sahur, asupan energi perlu diperhatikan. Jadi, upayakan mengonsumsi makanan bergizi dan tepat agar stamina tetap kuat dan tubuh berenergi ketika menjalani puasa.

BACA JUGA:  Komitmen Pelopor Kepedulian Bersama Anak-Anak Yatim, Bahagiakan dan Muliakan Mereka

Berikut beberapa pilihan makanan yang mampu memperkuat stamina tubuh selama berpuasa.

Kurma

Kurma identik dengan bulan puasa. Maka, bukan hal mengherankan jika buah ini banyak beredar selama bulan Ramadan.

Selain itu, kurma ternyata juga bermanfaat meningkatkan energi tubuh. Sebab, kandungan nutrisi seperti karbohidrat protein, lemak, serat, dan berbagai vitamin serta mineral yang ada di dalam kurma dapat meningkatkan stamina tubuh.

Apel

Buah ini kaya akan antioksidan, serat, zat besi, vitamin dan mineral. Apel dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mendetoksifikasi hati, mengendalikan berat badan, dan menjaga kesehatan jantung. Bahkan, seratnya yang mudah larut bisa membuat penikmatnya merasa kenyang lebih lama.

BACA JUGA:  Bahas Persiapan Ramadhan 1445 Hijriah, FWJ Indonesia Korwil Tangerang Kota Gelar Rapat Koordinasi

Jagung

Jagung kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi lainnya. Bahkan, buah ini menyediakan kalori yang sehat untuk metabolisme. Tak hanya itu, jagung juga mengandung glikogen yang siap untuk diubah dalam tubuh menjadi energi.

Kentang

Satu dari banyak jenis makanan yang menghasilkan banyak energi adalah kentang. Kandungan karbohidrat di dalam kentang cukup banyak, sehingga jika dikonsumsi akan memberikan banyak energi bagi tubuh.

Roti Gandum

Roti kerap dijadikan camilan atau menu selingan. Biasanya, makanan ini disantap pada pagi hari atau di waktu sarapan.Namun, banyak yang tidak menyadari jika roti bisa menjadi makanan penambah energi saat puasa, terutama roti gandum utuh. Roti gandum utuh mampu membuat perut tetap kenyang. Pasalnya, gandum adalah salah satu jenis serealia yang mengandung banyak karbohidrat dan lama dipecah, sehingga bisa mempertahankan rasa kenyang.

BACA JUGA:  5 Tempat Ngabuburit Nunggu Maghrib, Anak Jakarta Harus Tau!

Susu

Selain bermanfaat bagi kesehatan tulang, susu juga bisa menambah energi bagi tubuh. Jenis susu yang cocok dikonsumsi saat puasa adalah susu sapi. Susu sapi mengandung tinggi protein, lemak, dan kalsium. Tingginya protein dan lemak pada susu sapi akan meningkatkan energi tubuh. Selain itu, susu kambing, susu almond, dan susu kedelai bisa dikonsumsi saat berpuasa sebagai penguat stamina. Namun, jangan mengonsumsi susu setelah makan berat.

Muhammad Yahya

Pos terkait