6 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan

Cokelat kaya akan kandungan antioksidan, termasuk polifenol, flavanol, dan katekin.

DEPOKPOS – Ada banyak manfaat cokelat bagi kesehatan. Selain sebagai camilan yang lezat, cokelat juga dapat memperbaiki mood. Namun, konsumsi cokelat secara berlebihan dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, Anda perlu lebih cermat dalam mengonsumsi cokelat.

Cokelat berasal dari biji kakao yang dapat diolah menjadi beragam jenis makanan dan minuman. Selain itu, cokelat juga sering digunakan sebagai campuran untuk membuat kue, biskuit, es krim, hingga permen. Cokelat kaya akan kandungan antioksidan, termasuk polifenol, flavanol, dan katekin. Berkat kandungan inilah cokelat dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Lantas, apa saja manfaat cokelat?

Meningkatkan Mood

Manfaat cokelat satu ini tidak perlu diragukan lagi. Cokelat memang sangat dikenal dapat meningkatkan mood. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi cokelat dapat menurunkan hormon kortisol yang dihasilkan tubuh saat stres dan merangsang otak untuk melepaskan lebih banyak hormon endorfin dan serotonin yang dapat membuat Anda merasa bahagia.

BACA JUGA:  Ini Beberapa Makanan Pembangkit Mood saat Patah Hati

Mengedndalikan Nafsu Makan

Sebuah studi menyebutkan bahwa makan cokelat sebelum atau sesudah makan dapat memberikan efek kenyang. Hal ini dapat mengurangi keinginan Anda untuk mengonsumsi camilan yang bisa memicu bertambahnya berat badan. Oleh karena itu, konsumsi cokelat diyakini dapat mengendalikan nafsu makan, sehingga baik untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap ideal.

Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Kandungan flavonoid dalam cokelat dapat melancarkan aliran darah dan mengurangi risiko terjadinya penyumbatan di pembuluh darah. Efek ini menjadikan cokelat sebagai salah satu makanan yang baik untuk mencegah penyakit jantung dan stroke. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas cokelat dalam mencegah penyakit stroke.

BACA JUGA:  Tampil Elegan dengan 5 Rekomendasi Gamis Ini

Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat kandungan flavonoid dalam cokelat yang tidak kalah penting adalah mengontrol kadar gula darah. Oleh karena itu, cokelat baik dikonsumsi untuk mencegah resistensi insulin dan diabetes. Namun, untuk mendapatkan manfaat ini, Anda perlu lebih cermat dalam memilih cokelat yang akan dikonsumsi. Beberapa jenis cokelat telah diberi gula tambahan dan justru bisa menyebabkan diabetes bila dikonsumsi secara berlebihan.

BACA JUGA:  Rayakan Hari Kesehatan Sedunia, Tropicana Slim Gelar #BeatDiabetes2023 Serentak di 36 Kota di Indonesia

Menurunkan Kadar Kolesterol

Cokelat dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Oleh karena itu, manfaat cokelat ini baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah, sehingga menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke. Namun, penelitian mengenai manfaat cokelat tersebut baru dilakukan dalam skala kecil dan memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya.

Memelihara Fungsi dan Kesehatan Otak

Mengonsumsi cokelat juga diketahui baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Manfaat ini berasal dari kandungan flavonoid dalam cokelat yang mampu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Tak hanya itu, kandungan epikatein dalam cokelat juga dapat menurunkan risiko terjadinya penurunan fungsi otak yang dapat menyebabkan demensia atau pikun.

Muhamamd Yahya

Pos terkait