6 Tips Perawatan Rambut Pria Gondrong, Praktis dan Anti Ribet!

MAJALAH JAKARTA – Merawat rambut seharusnya tak hanya menjadi tugas wanita, namun juga pria. Pasalnya, mendapatkan rambut yang sehat tentu membawa banyak manfaat, termasuk pada pria. Adakah tips perawatan rambut pria yang efektif membuat rambut lebih sehat?

Tak hanya rambut wanita, rambut pria pun bisa mengalami sejumlah masalah, misalnya ketombe, dan rambut rontok. Untuk itu, perawatan diperlukan, agar masalah-masalah seperti ini dapat diatasi dengan baik.

Berikut tips perawatan rambut pria yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Pilih sampo sesuai masalah

Sudah banyak produk sampo yang dibuat khusus untuk merawat berbagai jenis rambut pria. Meski begitu, Anda jangan asal pilih dan pakai produk sampo. Pastikan Anda memilih produk sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda, dan sekaligus bisa mengatasi masalah rambut dan kulit kepala yang Anda alami.

2. Jangan lupakan conditioner

Saat berkeramas, jangan hanya mengandalkan produk sampo, penggunaan conditioner pun tak kalah penting. Conditioner sangat penting, terutama untuk pria dengan jenis atau masalah rambut kering. Conditioner befungsi untuk melembapkan, menghaluskan, dan membuat rambut lebih mudah diatur. Penting untuk dicatat bahwa Anda sebaiknya tidak mengoleskan conditioner ke kulit kepala, cukup oleskan pada batang-batang rambut, dan diamkan selama 1–3 menit sebelum dibilas.

BACA JUGA:  Cara Mudah Tingkatkan Vitamin D di Musim Hujan

3. Jangan keramas setiap hari

Prinsip perawatan rambut pria yang penting dicatat yaitu jangan sering keramas dengan sampo. Kebiasaan yang sering dilakukan pria yaitu mencuci rambut dengan sampo. Bahkan tidak sedikit yang mencuci rambutnya dua kali sehari karena kegerahan.

Padahal, terlalu sering keramas dan membasahi rambut bisa membuat kulit kepala Anda menjadi terlalu kering dan kehilangan kelembapan alaminya. Rambut bisa terasa gatal jadinya. Jadi, Anda bisa keramas setiap dua hari sekali atau sehabis berolahraga.

4. Keringkan rambut dengan lembut, jangan digosok-gosok

Setelah memakai sampo, gunakanlah kondisioner rambut lalu keringkan rambut dengan lembut dengan cara menepuk-nepuk kepala dan diangin-anginkan. Gunakan sisir yang bergigi besar untuk mencegah rambut tertarik dan rontok saat disisir.

Sebaiknya jangan gunakan handuk untuk menggosok-gosok rambut Anda jika ingin cepat kering. Sebab, menggosok-gosok rambut yang masih basah justru merusak pada kutikula (lapisan terluar dari rambut).

BACA JUGA:  Ide Menu Sahur Sehat dan Praktis

Hindari juga terlalu sering pakai pengering rambut. Sebab, suhunya yang panas dapat membuat kulit kepala dan rambut jadi kering.

5. Jangan terlalu banyak menggunakan produk untuk rambut

Menggunakan terlalu banyak produk rambut seperti, gel, semprotan rambut, pewarna, pomade, dan produk rambut lainnya terlalu sering dan banyak justru membuat tampilan rambut Anda tidak terlihat alami.

Terlalu banyak produk yang digunakan juga membuat rambut menjadi lebih berat. Ini akan mengganggu kenyamanan Anda sendiri jika tidak dikurangi. Sebisa mungkin, kurangi produk rambut yang bisa Anda gunakan saat merapikan atau menyisir rambut.

6. Perhatikan asupan makanan

Zat gizi dari makanan juga penting dalam perawatan rambut pria. Di bawah ini beberapa zat gizi yang sangat penting untuk kesehatan rambut Anda:

– Protein

Protein bisa mencegah rambut mudah kusut dan rontok. Protein memberikan kekuatan pada akar rambut dan membuat rambut Anda terlihat lebih indah alami.
Sumber protein bisa Anda temukan dari kacang kedelai, susu, telur, kacang-kacangan, keju, daging ikan, daging sapi, daging ayam.

BACA JUGA:  Pengaruh Pengawasan Mutu Terhadap Pemeriksaan Trombosit

– Vitamin C

Untuk pertumbuhan dan menjaga warna alami rambut, vitamin C jawabannya. Kekurangan vitamin C dapat membuat rambut pria kering atau pecah-pecah. Kekurangan vitamin C juga membuat Anda rentan terhadap kerontokan rambut.

Buah yang kaya vitamin C misalnya stroberi, mangga, pepaya, dan nanas. Sayuran yang tinggi vitamin C contohnya tomat, timun, kembang kol, dan bayam.

– Zat besi

Zat besi merupakan penyuplai oksigen untuk rambut. Folikel rambut sangat membutuhkan oksigen. Tanpa adanya zat besi yang cukup maka aliran oksigen yang masuk ke dalam folikel rambut juga akan kurang.

Jika oksigen kurang, maka zat gizi yang sampai ke dalam folikel rambut juga tidak maksimal. Sumber zat besi bisa didapatkan dari sayuran hijau dan daging sapi.

– Vitamin E

Vitamin E berperan penting dalam kesehatan rambut. Vitamin E membantu mencegah kerontokan rambut, melancarkan sirkulasi aliran darah di kulit kepala, menjaga produksi minyak di permukaan kulit sehingga kulit kepala tidak mudah kering.

Abdul Djabbar Alfathi

Pos terkait