7 Efek Samping dari Kopi Hitam untuk Kesehatan

DEPOK POS – Kopi selalu memiliki banyak penggemar, dari muda hingga tua. Seiring waktu, biji kopi olahan menjadi lebih serbaguna dan minum kopi menjadi lebih mapan. Sebagian orang rutin minum kopi di pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Jika dikonsumsi dalam batas wajar, kopi hitam memang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Sayangnya, konsumsi kopi hitam secara berlebihan justru dapat menimbulkan beragam efek samping.

Berikut adalah beberapa efek samping yang bisa timbul akibat mengonsumsi kopi hitam secara berlebihan:

1. Sulit Tidur

Terlalu banyak minum kopi hitam dapat menyebabkan sulit tidur. Kurangnya waktu tidur akan membuat Anda mengantuk di siang hari dan menurunkan produktivitas.

Oleh karena itu, batasi asupan kopi hitam dan usahakan untuk tidak meminumnya 6 jam sebelum waktu tidur, agar tidak mengganggu waktu istirahat Anda.

BACA JUGA:  Wajib Tau, Ini 3 Bahaya Kebanyakan Konsumsi Mie Instan

2. Sakit Perut

Kopi hitam dipercaya dapat meningkatkan produksi asam lambung. Jika dikonsumsi secara berlebih, kopi hitam dapat memperburuk kondisi penyakit asam lambung (GERD).

Terlalu banyak minum kopi hitam juga dapat menyebabkan sakit perut dan nyeri ulu hati, serta mempercepat kontraksi usus yang mengakibatkan diare.

3. Bermasalah Pada Kehamilan

Menurut penelitian, wanita yang mengonsumsi 200 miligram atau lebih kafein per hari dua kali lebih mungkin mengalami keguguran dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kafein.

4. Menyebabkan Tulang Keropos

Kafein dalam jumlah besar dapat mengganggu penyerapan dan metabolisme kalsium. Ini dapat berkontribusi pada penipisan tulang (osteoporosis). Jika kamu mengonsumsi terlalu banyak, kafein juga dapat menyebabkan otot kamu berkedut.Jika mengalami penarikan kafein, gejala mungkin termasuk otot pegal.

BACA JUGA:  Lima Tips Persiapan Liburan Sekolah Makin Seru

5. Terjadi Gangguan Kesuburan

Mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat memberikan efek berbahaya pada organ reproduksi wanita. Ada beberapa masalah kesehatan reproduksi seperti gangguan saluran tuba dan endometriosis yang disebabkan oleh konsumsi kopi berlebihan. Endometriosis adalah penyakit yang ditandai dengan tumbuhnya jaringan pada permukaan bagian dalam dinding rahim di luar rongga rahim. Kondisi ini dapat mempengaruhi kesuburan seorang wanita..Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang minum lebih dari 1 cangkir kopi sehari memiliki peluang lebih rendah untuk hamil daripada wanita yang hanya minum 1 cangkir kopi sehari atau tidak sama sekali.

6. Menyebabkan Masalah Gigi

Mengkonsumsi kopi setiap hari juga menimbulkan masalah pada gigi yaitu gigi menjadi kuning.Tanin dalam kopi menempel pada gigi dan secara bertahap mengubah warna gigi. Jadi jelas bahwa peminum kopi cenderung memiliki gigi yang lebih kuning atau keruh dibanding mereka yang jarang minum kopi. Selain tanin, kopi juga mengandung asam yang dapat melunakkan enamel gigi, sehingga memudahkan noda dan kotoran menempel pada gigi serta menghitamkan gigi.

BACA JUGA:  5 Model Baju Gamis Terbaru yang Cocok untuk Lebaran 2024

7. Sering buang air kecil

Kopi hitam adalah minuman yang bersifat diuretik. Ini berarti kopi hitam dapat meningkatkan produksi urine, sehingga membuat Anda sering buang air kecil. Kondisi ini dapat memicu kekurangan vitamin dan mineral, bahkan memengaruhi kesehatan tulang.

Batas aman konsumsi kopi untuk pria dan wanita dewasa adalah 4 cangkir per hari, dengan kandungan kafein sekitar 400 mg. Sementara untuk wanita hamil, batas konsumsi kopi yang aman adalah tidak lebih dari 2 cangkir per hari, dengan kandungan kafein tidak melebihi 200 mg.

Abdul Djabbar Alfathi

Pos terkait