7 Tips Mengatasi Iphone Cepat Panas

DEPOK POS – iPhone yang keadaannya menjadi panas merupakan salah satu bentuk gejala adanya gangguan yang terjadi pada perangkat. Terkadang, membuat penggunanya panik.

Ponsel garapan Apple yang menjadi panas ini, disebabkan berbagai macam faktor. Mulai dari penggunaan iPhone secara berlebihan hingga kerusakan terhadap baterai iPhone.

Lantas, apa penyebab iPhone panas? Bagaimana cara mengatasinya? Dirangkum dari berbagai sumber, simak penejalsan di bawah ini.

Periksa Penggunaan Baterai

Penyebab iPhone panas bisa jadi karena baterai handphone (hp) sudah rusak. Sebaiknya, Anda memeriksa tingkat kualitas baterai secara berkala.

Misalnya, apakah masih 100 persen, sudah turun menjadi 90 persen, 80 persen, atau bahkan sudah jatuh ke 50 persen. Jika tingkat kualitas baterai rendah sebaiknya segera diganti.

BACA JUGA:  Ini Cara Keluar Grup WhatsApp Diam-diam Tanpa Disadari Peserta Lain

Kurangi Kecerahan Layar

Dengan mengurangi kecerahan layar iPhone. Walaupun terlihat sepele atau remeh, hal itu cukup berpengaruh pada suhu panas berlebih di iphone anda. Maka dari itu, anda harus mengurangi kecerahan layar untuk mengurangi panas iPhone.

Tutup Aplikasi Tidak Terpakai

Cara agar iPhone tidak cepat panas berikutnya adalah dengan tidak membuka banyak aplikasi sekaligus.

Jika aplikasi tersebut sudah tidak terpakai, sebaiknya segera tutup. Sebab, aplikasi yang dibuka bersamaan pada satu waktu membuat sistem menyedot banyak daya baterai dan data seluler, sehingga bisa cepat panas.

BACA JUGA:  Keren! Mahasiswa dan Dosen FT Udinus Ciptakan Becak Listrik Tanpa Pengemudi

Matikan Koneksi GPS Dan Koneksi Jaringan

mematikan GPS dan koneksi jaringan iPhone. GPS dan koneksi jaringan merupakan salah satu sumber terbesar yang sering menyedot baterai dengan cepat dan membuat iPhone panas. Anda harus mematikannya jika tidak digunakan, atau kalau memungkinkan anda bisa menggunakan mode pesawat ketika tidak sedang menggunakan koneksi jaringan.

Aktifkan Airplane Mode

Jika tidak ingin mematikan hp, Anda bisa mengaktifkan mode pesawat (airplane) di iPhone. Tujuannya untuk menyetop sementara penggunaan data seluler, sehingga sistem tidak menyedot banyak daya baterai.

BACA JUGA:  Cara Transfer data Android ke iPhone dengan Mudah

Lepas Case HP

Saat iPhone panas, sebaiknya segera lepas pelindung (case) hp karena case bisa menghalangi panas untuk keluar dari hp. Case hp bisa digunakan kembali jika hp sudah mendingin.

Jangan Gunakan Iphone Pada Saat Isi Daya

Tanpa Anda sadari, kebiasaan menggunakan iPhone saat isi daya juga dapat memicu hp cepat panas. Untuk itu, biarkan sistem iPhone fokus mengisi daya terlebih dahulu, baru Anda gunakan.

Artinya, jangan mainkan iPhone sambil di-charge. Sebab, hal ini sangat menyedot daya baterai dan data seluler dalam jumlah besar sekaligus.

Muhammad Yahya

Pos terkait