“Analisis Ekonomi Terkini: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2023 Menunjukkan Kekuatan yang Konsisten”

Plt. Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti memberikan pemaparan mendalam tentang kondisi ekonomi dan statistik terkini dalam konferensi pers di Jakarta. Senin 5/2/2024

MJ, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan bahwa perekonomian Indonesia pada tahun 2023 berhasil tumbuh solid sebesar 5,05 persen, meskipun dihadapkan pada perlambatan ekonomi global dan penurunan harga komoditas ekspor unggulan. Plt. Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti, menyatakan hal ini dalam konferensi pers di Jakarta.

BACA JUGA:  Polri Mutasi Ratusan Personel, Ada Kapolda Berganti Pimpinan

Menurut Amalia, perdagangan global mengalami kontraksi pada 2023, terutama pada kuartal IV, sementara harga komoditas ekspor seperti minyak sawit mentah dan batu bara terus menurun.

Meski demikian, pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap solid, didukung oleh permintaan ekspor yang cukup kuat dari mitra dagang utama, termasuk China, Amerika Serikat, Jepang, dan India.

Dari sisi domestik, aktivitas produksi tetap kuat, tercermin dari PMI Bank Indonesia yang mencapai 51,20 persen, lebih tinggi dibandingkan kuartal IV-2022. Kapasitas produksi terpakai pada triwulan IV-2023 juga meningkat, mencapai 73,91 persen. Produksi semen dan penjualan listrik menunjukkan performa yang membaik.

BACA JUGA:  Kemenkumham Jatim Sabet Penghargaan Insan Pembelajar dari BPSDM

Investasi dalam negeri dan asing juga memberikan kontribusi positif, tumbuh sebesar 16,20 persen. Belanja modal pemerintah, baik melalui APBN maupun APBD, menunjukkan pertumbuhan yang menguat.

Pemerintah berhasil menjaga inflasi di bawah 4,00 persen sejak Juni 2023, dengan capaian terakhir pada Desember sebesar 2,61 persen. Kebijakan pengendalian inflasi menjadi salah satu pendorong stabilnya perekonomian.

BACA JUGA:  Ahli Hukum UI: Penculikan Anak bisa Kena Pasal Berlapis

Peningkatan mobilitas masyarakat, kunjungan wisatawan mancanegara, dan persiapan pemilihan umum (pemilu) juga turut berkontribusi positif dalam menopang perekonomian domestik.

Perekonomian Indonesia tahun 2023 mencerminkan ketangguhan di tengah dinamika global, dengan kebijakan yang tepat dan berbagai sektor yang berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

Pos terkait