Apa Itu FOMO (Fear of Missing Out)?

DEPOKPOS – FOMO, singkatan dari “Fear of Missing Out”, adalah fenomena psikologis yang menggambarkan kecemasan atau ketidaknyamanan yang dirasakan seseorang ketika mereka merasa bahwa orang lain mungkin sedang mengalami pengalaman yang menyenangkan atau berharga, sementara mereka tidak ikut serta dalam pengalaman tersebut.

Fenomena ini sering kali terjadi dalam konteks media sosial, di mana orang sering memposting tentang kehidupan mereka yang terlihat sempurna atau acara-acara sosial yang menarik.

Penyebab FOMO:

1. Media Sosial: Platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok sering kali menjadi pemicu utama FOMO. Melihat foto dan video dari acara sosial atau kesuksesan orang lain dapat membuat seseorang merasa tertinggal atau kurang berarti.

BACA JUGA:  Mental Health: Memahami Sumber Daya Kesehatan Mental

2. Perbandingan Sosial: Manusia cenderung untuk membandingkan diri mereka dengan orang lain, dan media sosial memperkuat perilaku ini dengan menyajikan gambaran yang terkadang tidak realistis tentang kehidupan orang lain.

3. Kesempatan Terbatas: Ketika seseorang merasa bahwa ada kesempatan atau acara yang terbatas dan mereka tidak bisa mengikuti, hal itu dapat memicu rasa cemas dan kekhawatiran bahwa mereka akan melewatkan sesuatu yang penting.

Dampak FOMO:

1. Stres dan Kecemasan: FOMO dapat menyebabkan stres dan kecemasan yang berlebihan karena seseorang merasa perlu untuk terus-menerus memeriksa media sosial dan terlibat dalam segala hal agar tidak melewatkan sesuatu.

2. Kurangnya Kepuasan Hidup: Orang yang terlalu terpengaruh oleh FOMO mungkin merasa tidak puas dengan kehidupan mereka sendiri karena mereka terlalu fokus pada apa yang orang lain lakukan.

BACA JUGA:  Hindari Makanan Berminyak! Ini Dampak Negatifnya pada Kesehatan

3. Gangguan Tidur dan Konsentrasi: FOMO dapat mengganggu tidur dan kemampuan seseorang untuk berkonsentrasi pada tugas-tugas yang penting karena mereka terus-menerus merasa perlu untuk memeriksa media sosial atau terlibat dalam aktivitas yang dianggap populer.

Mengelola FOMO:

1. Pahami Prioritas Anda: Tentukan apa yang benar-benar penting bagi Anda dalam hidup dan fokuslah pada hal-hal tersebut daripada terlalu terpengaruh oleh apa yang orang lain lakukan.

2. Batasi Penggunaan Media Sosial: Ambillah waktu untuk beristirahat dari media sosial dan hindari membandingkan diri Anda dengan orang lain secara berlebihan.

BACA JUGA:  Anak Muda Jangan Banyak Begadang, Ini Dampaknya!

3. Hargai Waktu Sendiri: Pelajari untuk menikmati waktu sendiri dan mengejar kegiatan yang sesuai dengan minat dan nilai-nilai Anda, tanpa terpengaruh oleh apa yang orang lain lakukan.

4. Berkomunikasi dengan Orang Lain: Jika Anda merasa tertekan oleh FOMO, bicarakan perasaan Anda dengan orang-orang terdekat Anda. Kadang-kadang hanya dengan berbagi perasaan Anda dapat memberikan rasa lega.

FOMO adalah fenomena yang umum terjadi di era digital ini, tetapi dengan kesadaran akan dampaknya dan upaya untuk mengelola kecemasan yang terkait dengannya, seseorang dapat mengurangi pengaruhnya dan menemukan kepuasan dalam kehidupan mereka sendiri.

Penulis: Putri Risqiawati

Pos terkait