Asuransi Syariah: Prinsip, Keunggulan, dan Manfaatnya

DEPOKPOS – Asuransi syariah menjadi salah satu jenis asuransi yang semakin populer di Indonesia. Dibangun berdasarkan prinsip syariah, asuransi ini menawarkan solusi keuangan yang sesuai dengan ajaran Islam.

Dalam penerapannya, perusahaan asuransi syariah harus berdiri dan beraktivitas sesuai dengan hukum Islam yang telah disyaratkan dan disepakati.

Bacaan Lainnya

Asuransi syariah tidak hanya untuk mengelola dana, tetapi juga untuk mengembangkan tatanan hidup yang sesuai dengan ajaran Islam.

Asuransi didasarkan pada prinsip-prinsip Islam, seperti keadilan, saling tolong menolong, dan larangan riba (bunga). Prinsip utama asuransi syariah adalah konsep tabarru’ yaitu saling membantu dan berbagi resiko.

BACA JUGA:  Chandra Asri Group & Ecovance Teken MoU Kembangkan Ekosistem Plastik Biodegradable

Dalam asuransi syariah, premi yang diajukan oleh peserta digunakan untuk membentuk dana tabarru’ yang akan digunakan untuk membantu pesertayang mengalami kerugian.

Asuransi syariah memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan populer untuk umat Islam:

Tidak mengandung riba: asuransi syariah tidak mengandung riba, yang merupak prinsip dalam ajaran Islam.

Transparansi: Asuransi syariah dalam operasionalnya, peserta diberikan informasi yang jelas mengenai premi, manfaat, dan kondisi poklis yang sulit.

Investasi berbasis syariah: Dana yang dikumpulkan dalam asuransi syariah diinvestasikan berdasarkan prinsip-prinsip syariah, yang berarti investasi yang dilakukan pada asset-aset halal dan menghindari yang diharamkan oleh agama Islam.

BACA JUGA:  Perbedaan Konsep Tabarru’ dan Tijari dalam Fiqih Muamalah

Pembagian keuntungan yang proposional: Dana asuransi syariah akan dijabarkan dalam laporan yang transparan, dan perusahaan asuransi tidak akan mengolah dana asuransi tanpa sepengetahuan pemegang polis.

Asuransi syariah memiliki beberapa manfaat yang membedakannya dengan asuransi konvesional. Berikut adalah manfaat asuransi syariah:

Investasi yang aman: dana yang diinvestasikan dalam asuransi syariah yang dipasarkan oleh badan pengawas dan dikelola sesuai dengan prinsip syariah. Ini memberikan rasa aman dan kepercayaan bagi peserta asuransi.

Menggunakan prinsip tolong-menolong: asuransi syariah menggunakan sistem akad yang sesuai syariat Islam, yang memungkinkan peserta saling melindungi dan tolong-menolong.

BACA JUGA:  Perluas Layanan Kesehatan, Yakes Telkom Jalin Sinergi dengan RS Primaya Group

Perlindungan finansial: asuransi syariah memberikan perlindungan finansial bagi peseta dari resiko tak terduga, seperti kecelakaan, penyakit, atau kerugian harta benda.

Asuransi syariah merupakan pilihan yang menaruk bagi masyarakat yang ingin memiliki perlindungan finansial sekaligus mematuhi prinsip-prinsip Islam.

Dengan prinsip dasar yang kuat, keunggulan transparansi dan investasi berbasis syaria, serta manfaat perlindungan finansial dan sosial, asuransi syariah menjadi solusi yang tepat untuk mengelola resiko dan merencanakan masa depan yang lebih baik.

Habibah Nur Chafsah

Pos terkait