Bagaimana Cara Menstimulasi Minat Baca pada Anak?”

Bagaimana Cara Menstimulasi Minat Baca pada Anak?”

Tidak hanya sekedar membaca tetapi juga memahami isi bacaan tersebut

DEPOK POS – Anak-anak biasanya menganggap membaca itu membosankan padahal membaca merupakan hal yang menyenangkan. Tidak hanya sekedar membaca tetapi juga memahami isi bacaan tersebut, dengan itu mereka bisa memperoleh kata-kata baru yang sebelumnya tidak mereka ketahui.

Kegiatan ini penting dimulai sejak usia dini, karena akan membantu anak-anak mengembangkan keterampilan bahasa dan belajar bagaimana mendengarkan dan memahami kata-kata tertulis. Ketika mereka belajar memahami ritme dan melodi bahasa, belajar membaca akan semudah belajar berjalan dan berbicara.

BACA JUGA:  Manajemen Risiko pada Bank Syariah

Ada kalanya sukar untuk membuat anak-anak membaca, tetapi ini sangat penting, mungkin dengan cara yang selalu tidak kita pikirkan. Membaca dan mendongeng sangat penting untuk mengembangkan otak yang sehat, dan membangkitkan rasa ingin tahu pada anak-anak.

Jadi, cobalah membuat kegiatan membaca itu menarik bagi mereka dengan memainkan berbagai permainan membaca. Misalnya; permainan tebak kata.

Stimulasi lainnya untuk mengenalkan bacaan kepada anak sebagai berikut :

  • Mengenalkan huruf-huruf dan memberikan contoh penggabungan katanya
  • Mengucapkan bunyi setiap huruf, bisa dengan lagu dan gambar yang beranimasi sehingga meningkatkan motivasi membaca pada anak-anak
  • Biarkan mereka memilih buku pilihan mereka sendiri
  • Beri mereka tempat khusus untuk membaca
  • Tempelkan sticky note yang berbeda di rumah. Misalnya, selamat membaca” di rak buku atau “selamat pulang” di luar pintu, hal itu akan mendorong minat mereka untuk membaca
  • Ajak anak pergi ke perpustakaan
  • Membaca cerita pengantar tidur bersama mereka
  • Dan bacakan anak buku minimal 10 sampai 15 menit
BACA JUGA:  Pengaruh Sifat Fisis Lingkungan terhadap Stroberi

Anak-anak biasanya melakukan apa yang mereka lihat. Jadi, cobalah untuk membaca buku di depan mereka. Membaca haruslah menyenangkan tidak membosankan! Bersikaplah konsisten, bersabarlah, dan saksikan keajaiban bekerja.

Membaca pada anak sebaiknya tidak dengan pemaksaan yang akan membebani nya, tetapi dengan cara yang menyenangkan. Dilakukan sambil bermain agar dunia bermain anak tidak hilang. Karena pada dasarnya dunia anak adalah bermain. Stimulus yang diberikan kepada anak usia dini akan berdampak hingga anak usia dewasa, setiap orang tua tentunya menginginkan anak-anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga dambaan memiliki regenerasi cerdas dapat terwujud.

BACA JUGA:  Penerapan Pola Hidup Minimalis dan Manfaatnya

Oleh : Alisha Tatyana Soraya Probo
Program Studi PG Paud, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

Pos terkait