Bapas Pati Meriahkan HUT Ke-44 Dekranas di Surakarta dengan Produk Telur Asin Klien Pemasyarakatan

MJ. Surakarta – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Pati, melalui Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, turut meramaikan peringatan HUT Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang digelar di Pamedan Mangkunegaran, Surakarta. Acara ini berlangsung pada Kamis, 16 Mei 2024.

Expo Dekranas 2024, yang diadakan oleh Dekranas bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta, berlangsung selama empat hari mulai dari 15 hingga 18 Mei 2024.

BACA JUGA:  Satlantas Polresta Pati Siapkan Layanan Khusus Disabilitas Bagi Pemohon SIM, Dan Hadiah Bagi Wajib Pajak

Expo ini menampilkan berbagai hasil karya dari warga binaan pemasyarakatan dan klien pemasyarakatan, termasuk kerajinan tangan dan produk makanan yang diproduksi oleh warga binaan pemasyarakatan (WBP) dan klien pemasyarakatan.

Pameran ini merupakan bagian dari upaya pembinaan kemandirian yang diberikan oleh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan Negara (Rutan), dan Balai Pemasyarakatan (Bapas).

Produk-produk yang dipamerkan menunjukkan keterampilan dan kreativitas para WBP dan klien pemasyarakatan dalam menghasilkan karya yang bernilai ekonomi, sekaligus sebagai bagian dari proses rehabilitasi dan reintegrasi sosial mereka.

BACA JUGA:  Tahap II, Penyidik Sat Res Narkoba Polres Pematang Siantar Serahkan 4 Tersangka Ke JPU

Pada kesempatan ini, Kepala Bapas Pati, Muhamad Nurseha, beserta jajaran turut serta memeriahkan sekaligus berpartisipasi untuk mensukseskan kegiatan ini.

Pada tahun ini, hasil karya klien Bapas Pati yang ditampilkan adalah pembuatan telur asin yang diproduksi langsung oleh klien yang melaksanakan pembimbingan integrasi di Bapas Pati.

BACA JUGA:  MELALUI ZOOM, KAPOLRES PEMATANG SIANTAR IKUTI RAPAT LINTAS SEKTORAL PENGAMANAN NATARU 2023 - 2024 OLEH POLDA SUMUT

“Dengan kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada klien-klien Bapas Pati untuk terus berkarya dan mandiri karena hasil yang mereka buat ternyata dapat diapresiasi melalui kegiatan semacam ini,” tutur Muhamad Nurseha.

Kepala Bapas Pati juga berharap bahwa kegiatan-kegiatan serupa dapat semakin sering dilakukan mungkin dalam taraf daerah sampai dengan nasional sehingga semakin memotivasi klien untuk terus produktif dan mandiri.

Pos terkait