Bayar Retribusi Pemakaman Umum di Depok Kini Bisa via QRIS

Selain lewat QRIS, ahli waris juga bisa membayar retribusi melalui ATM maupun M-banking

DEPOK – Upaya mempermudah ahli waris dalam pelayanan retribusi, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pemakaman Umum Kota Depok telah menggunakan sistem Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Sistem ini juga merupakan arahan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok untuk meminimalisir transaksi tunai.

BACA JUGA:  Kebakaran Rumah Sakit Salak Diduga Akibat Korsleting Listrik

“Sepanjang tahun 2022 kami sudah mulai melaksanakan tertib administrasi di lingkungan Tempat Pemakaman Umum (TPU). Serta menjalankan sebagian pelayanan retribusi dengan sistem QRIS dan sudah berjalan dengan baik,” kata Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok Dudi Mi’raz, di ruang kerjanya, Rabu (01/02/23).

BACA JUGA:  Mau Bikin KTP Digital ? Gampang, Cuma Pakai HP ...

Dijelaskannya, saat ini sistem tersebut belum berjalan 100 persen. Mengingat, sebagian besar ahli waris merupakan lansia.

“Jika tidak bisa membayar dengan QRIS, kami tetap melayani transaksi tunai. Kami juga telah memasang barcode untuk pembayaran QRIS di depan loket,” tuturnya.

BACA JUGA:  Zona Madina Dompet Dhuafa Panen Perdana Green House Melon

Dudi menambahkan, selain lewat QRIS,  ahli waris juga bisa membayar retribusi melalui ATM maupun M-banking. Diharapkan, dengan adanya berbagai sistem pembayaran, bisa mempermudah ahli waris untuk tertib administrasi.

“Ke depan, pelaksanaan pelayanan TPU akan terus mengalami pembaharuan agar lebih profesional, inovatif, efektif dan efisien,” tutupnya.

Pos terkait