Benarkah Daun Salam dapat Menurunkan Kolestrol?

Benarkah Daun Salam dapat Menurunkan Kolestrol?

DEPOK POS – Kolesterol merupakan lemak endogen yang juga berasal dari makanan hewani. Kolesterol membantu tubuh memproduksi vitamin D, beberapa hormon, dan asam empedu untuk membantu mencerna lemak. Dalam jumlah yang wajar, tubuh sebenarnya membutuhkannya untuk membangun sel-sel baru agar tubuh dapat terus berfungsi secara normal.

Selain itu, kolesterol juga diperlukan untuk proses pencernaan, produksi hormon dan pembentukan vitamin D. Namun, kolesterol yang terlalu tinggi berbahaya bagi tubuh karena menimbulkan berbagai penyakit dan komplikasi. Kolesterol dalam darah diangkut oleh protein. Kombinasi keduanya disebut lipoprotein. Dua jenis utama lipoprotein adalah lipoprotein densitas rendah (LDL), juga dikenal sebagai kolesterol jahat, dan lipoprotein densitas tinggi (HDL), yang dikenal sebagai kolesterol baik.

Fungsi LDL adalah mengangkut kolesterol dari hati ke sel-sel yang membutuhkannya. Namun, bila jumlah kolesterol melebihi yang diperlukan, kolesterol dapat menumpuk di dinding arteri dan menyebabkan penyakit. Sementara itu, tidak seperti LDL, HDL bertanggung jawab untuk mengangkut kolesterol kembali ke hati. Di hati, kolesterol dihancurkan atau dikeluarkan dari tubuh melalui kotoran atau tinja.

BACA JUGA:  Dampak Negatif Nonton Video Mukbang

Tingkat kolesterol darah yang direkomendasikan bervariasi dari orang ke orang. Itu tergantung pada setiap orang apakah mereka memiliki risiko lebih tinggi atau lebih rendah terkena penyakit arteri. Pada saat yang sama, studi yang berkaitan dengan kadar atau jumlah kolesterol darah dapat diukur dengan tes darah.

Gejala Penyakit Kolestrol

Ada beberapa gejala penyakit kolestrol yang umum terjadi, di antaranya:

⦁ Mudah Lelah
⦁ Suka mngantuk
⦁ Nyeri kaki
⦁ Tenguk terasa pegal-pegal
⦁ Nyeri dada
⦁ Muncul gumpalan di urat

Penyebab Penyakit Kolestrol

Berikut adalah faktor yang menjadi penyebab penyakit kolestrol, antara lain:

⦁ Pola Makan yang Buruk. Misalnya mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh atau lemak trans. Biasanya lemak jenuh ditemukan dalam daging berlemak dan produk susu penuh lemak. Lemak trans sering ditemukan dalam makanan ringan kemasan atau makanan penutup.
⦁ Kegemukan. Memiliki indeks massa tubuh 30 atau lebih menempatkan seseorang pada risiko kolesterol tinggi.
⦁ Kurang Olahraga. Olahraga membantu meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh atau HDL.
⦁ Merokok. Kebiasaan ini dapat menurunkan kadar HDL atai kolesterol baik.
⦁ Alkohol. Minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan kadar kolesterol total.
⦁ Usia. Meski anak-anak juga bisa kena kolesterol tinggi, kondisi ini jauh lebih sering terjadi pada orang di atas 40 tahun. Seiring bertambahnya usia, hati menjadi kurang mampu menghilangkan kolesterol LDL .

BACA JUGA:  Kementerian Kesehatan Rencanakan Penggantian Sistem Kelas Rawat Inap BPJS Kesehatan pada 2025

Rebusan Daun Salam Dapat Menurunkan Kolestrol

Menurunkan kadar tak melulu harus di lakukan dengan mengunakan obat kimia. Bahan alami seperti olahan herbal rumahan juga dapat digunakan unuk mengobati kolestrol. Selain dengan mengonsumsi obat yang telah di resepkan dokter, rebusan daun herbal juga dapat di gunakan sebagai penurun kolestrol alami untuk membantu menurnkan kolestrol dalam darah. Salah satu rebusan daun yang bisa di andalkan untuk menurunkan kadar kolestrol adalah daun salam.rebusan daun salam sebagai obat alami kolestrol di uji dalam penelitian yang di terbitkan dalam Journal Of Clincial Biochemistry And Nutrition. Penelitian tersebut, menunjukan kalau rebusan daun salam mampu menurunkan kolestrol total sebanyak 24%, kolestrol jahat 40% dan meningkatkan kolestrol baik 29%.

BACA JUGA:  Kenali Penyebab Insomnia dan Pengobatannya

Cara Penggunaan Rebusan Daun Salam Untuk Penyakit Kolestrol

Alat dan Bahan

⦁ Daun salam
⦁ Panci
⦁ Air mineral 750 cc
⦁ Gelas

Prosedur

⦁ Mencuci tangan sebelum Tindakan
⦁ Siapkan alat
⦁ Masukkan air 750 cc kedalam panci, masak hingga mendidih
⦁ Cuci daun salam hingga bersih
⦁ Masukkan kedalam air yang mendidih, tunggu sampai air tersisa 250 cc
⦁ Masukkan air rebusan daun salam ke dalam gelas
⦁ Sajikan 1x sehari selama 1 minggu dengan dosis 250 cc setiap harinya

Mutiara Amanda Fadila
Universitas Binawan

Pos terkait