Benarkah Mengkonsumsi Bunga Memiliki Manfaat Untuk Tubuh?

Ada beberapa jenis bunga yang bisa dikonsumsi dan ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh

DEPOKPOS – Akhir-akhir ini di sosial media banyak sekali konten tentang seseorang mengonsumsi bunga, mau itu di jadikan minuman, lalapan, hingga lauk makan bersama nasi. Sebagai netizen pastinya kalian berpikir, apa boleh bunga dikonsumsi sebagai makanan? Dan apa tidak bahaya jika kita mengonsumsi bunga? Atau malah ada manfaat yang baik jika kita mengkonsuminya? Maka dari itu yuk kita bahas bersama.

Bunga merupakan tanaman hias yang sering kita jumpai di setiap halaman rumah atau di pinggir jalan. Warnanya yang cantik dan beragam sehingga banyak orang yang menyukainya, tapi pernah gak berpikir kalau bunga juga bisa kita konsumsi? Bunga memiliki jenis yang sangat beragam dari segi warna, bentuk, dan aroma. Ada beberapa jenis bunga yang bisa dikonsumsi dan ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti, bunga telang, bunga mawar, bunga sepatu, dan sebagainya.

BACA JUGA:  5 Dampak Positif dan Negatif Terlalu Sering Mengeluarkan Sperma

Bunga telang

Tumbuhan bunga telang sudah dikenal sejak lama di Indonesia. Bunga telang memiliki warna biru yang indah sering digunakan sebagai pewarna makanan alami. Selain itu, bunga telang juga memiliki berbagai manfaat dan khasiat bagi kesehatan manusia, seperti kemampuan sebagai antioksidan, anti-inflamansi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat lainnya mengkonsumis bunga telang menurut (T Saras 2023), yaitu dapat menjaga kesehatan mata karena mengandung senyawa anthocyanin yang dapat membantu mencegah kerusakan pada mata dan memperbaiki penglihatan, menurunkan risiko penyakit jantung, menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan kulit, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:  Rabies Bisa Dicegah, Ini Caranya!

Bunga mawar

Tumbuhan bunga berwarna cantik dan beraroma harum ini yang biasa digunakan untuk acara spesial ternyata juga bisa di konsumsi. Bagian bunga mawar yang bisa dikonsumsi adalah bagian kelopaknya saja, biasanya dikonsumsi dengan dijadikan minuman atau dimakan langsung, bahkan ada yang dijadikan keripik dan dijual.

Bunga mawar memiliki manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan, tidak heran jika kita sering melihat produk kesehatan dan kecantikan yang mengandung bunga mawar. Bunga mawar telah lama dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh seperti menurunkan berat badan, mengurangi stres, mengurangi depresi, kecemasan, dan dapat menyembuhkan infeksi kulit.

Bunga sepatu

Tumbuhan yang memiliki mahkota ini juga bisa dikonsumsi, tidak hanya bagian mahkota saja yang dapat dikonsumsi karena mengandung madu, bagian kelopaknya pun juga dapat dikonsumi. Bunga sepatu dapat dikreasikan sebagai makan ataupun minuman yang sehat untuk menambah nilai minat masyarakat.

BACA JUGA:  Menjaga Pola Tidur dengan Baik dan Normal

Manfaat mengkonsumi bunga sepatu yaitu dapat menjaga daya tahan tubuh, memperlancar pencernaan, mengobati kolesterol, tumbuhan ini juga dapat membantu mengobati darah tinggi atau hipertensi karena bunga sepatu memiliki kandungan antioksi dan polufenol, flavonoid, vitamin C, dan mineral.

Itu dia beberapa jenis bunga yang bisa dikonsumsi oleh kita, masih ada lagi beberapa bunga yang dapat dikonsumsi selain ketiga bunga di atas, gimana tertarik buat mengkonsumsinya? Ingat ya sebelum mengonsumsi bunga kita harus mengecek terlebih dahulu ya apakah bunga yang kita ingin makan bisa dimakan atau tidak, dan jika bisa dimakan jangan lupa pilih bunga yang masuk segar dan tidak layu.

Lentera Aryagasana, Mahasiswa Universitas Pamulang

Pos terkait