Berani Keluar dari Zona Nyaman?

DEPOKPOS – Menjadi diri sendiri adalah hal yang baik, namun memiliki keberanian untuk mengubah diri dari hal-hal negatif demi hal-hal positif dalam hidup kita dan kehidupan orang lain adalah hal yang lebih baik lagi. Mencapai perubahan dalam diri kita tidaklah mudah. Banyak dari kita harus keluar dari zona nyaman untuk mengembangkan potensi diri.

Kita harus keluar dari zona nyaman untuk menetukan bakat-bakat baru dan mendapat kepercayaan diri. Ketakutan dan keraguan seringkali muncul dan bertentangan dengan komitmen yang kita buat, sehingga membuat kita terjebak dalam zona nyaman.

Hal ini juga yang selalu kita rasakan ketika mencoba keluar dari zona nyaman yang menghalangi terjadinya perubahan dalam diri kita. Namun, pada akhirnya kita tetap harus memulainya perubahan itu, meski keluar dari zona nyaman tidak semudah yang kita bayangkan.

BACA JUGA:  Penerapan Pola Hidup Minimalis dan Manfaatnya

Terkadang kita bingung dan tidak tahu harus memulai dari mana dan harus berbuat apa. setiap orang mempunyai garis awal hidup yang berbeda-bedah. Berikut ini beberapa cara membantu kita keluar dari zona nyaman:

Memulai dengan Langkah Kecil
Keluar dari zona nyaman tidak harus dilakukan secara tiba-tiba dan dengan Tindakan drastis. Mulailah dengan melakukan hal-hal kecil yang dapat membawa kita keluar dari zona nyaman. Seperti berbicara dengan orang yang tidak anda kenal, atau mencoba aktivitas baru yang kita minati.

Berani Mencoba Hal Baru
Cobalah hal-hal baru yang belum perna dilakukan sebelumnya. Minsalkan, jika selalu memilih film atau buku yang sama, coba pilih genre yang berbeda dari biasanya.

BACA JUGA:  Berkurangnya Rasa Kebudayaan Nusantara pada Anak

Membuat Rencana yang Jelas
Saat Menyusun rencana, kita perlu memahami dengan jelas apa yang ingin kita capai, bagaimana mencapainya dan mempertimbangkan resiko yang mungkin akan terjadi

Yakinkan Diri Atas Apa yang Bisa Anda lakukan
Coba katakana pada diri sendiri apa yang tidak bisa anda lakukan. Jadi, percayalah pada diri sendiri bahwa anda bisa menghadapi tentangan baru dan meninggalkan zona nyaman tanpa takut menyesal. Bicarakan hal-hal positif tentang diri anda dan mulailah hal baru dengan percaya diri.

Meminta Dukungan Agar Lebih Optimis
Berbicara dengan orang-orang terdekat tentang keinginan anda untuk keluar dari zona nyaman. Mintalah mereka unntuk mendukung anda dan membuat anda lebih semangat dan termotivasi untuk terus melakukannya.

BACA JUGA:  Peran Ekonomi Syariah dalam Perekonomian Global

Memberi self reward
Keluar dari zona nyaman membutuhkan keberanian. Keluarlah dari zona nyaman anda dan berikan diri anda hadiah. Hal ini merupakan Upaya unntuk merayakan kemajuan positif dalam hal perubahan yang telah dilakukan untuk mencapai tujuan, dan penilaian diri adalah hal yang baik.

Meski mengambil langka-langka menuju perubahan bukanlah hal yang mudah, namun ada saja hambatan dan rintangan yang terkadang membuat kita menyerah dan kembali ke zona nyaman. Ini seperti tantangan yang selalu saya rasakan Ketika mengambil peran yang cukup besar. Sulit untuk tetap berada di garis depan Ketika mengambil keputusan.

Juani Pransista

Pos terkait