Bisa Cuan Puluhan Juta, Ini 6 Ide Usaha Sampingan untuk Mahasiswa

DEPOKPOS – Mahasiswa memang memiliki jatah keuangan yang tentu , namun pada kenyataannya uang tersebut kadang tidak mencukupi kebutuhan atau membutuhkan biaya tambahan untuk kebutuhan atau impian lainnya. Oleh karena itu, banyak Mahasiswa yang mencari usaha sampingan sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan atau mencapai impian mereka.

Usaha sampingan tidak hanya membantu Mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan dan memperbaiki keuangan mereka, tetapi juga bisa menjadi kesempatan untuk mengeksplorasi passion dan bakat yang dimiliki serta menambah koneksi sosial dan bisnis.

Berikut adalah beberapa ide usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh Mahasiswa:

1. Jasa desain grafis

Jika Kamu memiliki bakat dalam desain grafis, Kamu dapat membuka jasa desain grafis sebagai usaha sampingan. Kamu bisa memasarkan jasa melalui media sosial atau website, dan mengambil proyek-proyek desain grafis dari klien yang membutuhkan jasa Kamu. Jenis proyek yang dapat Kamu kerjakan bisa berupa desain logo, brosur, kartu nama, atau desain website.

BACA JUGA:  Bahasa Indonesia Diajarkan di Harvard University Mulai Hari Ini

2. Jasa penulisan artikel

Banyak perusahaan atau website yang membutuhkan jasa penulisan artikel untuk meningkatkan traffic pada website mereka. Jika Kamu memiliki kemampuan menulis yang baik, maka membuka jasa penulisan artikel bisa menjadi ide usaha sampingan yang menjanjikan.

3. Online shop

Online shop merupakan bisnis yang sedang berkembang pesat di era digital saat ini. Kamu dapat menjual produk-produk unik yang Anda buat sendiri atau menjual produk-produk yang diimpor dari luar negeri. Jika Anda ingin memulai bisnis online shop, pastikan untuk memiliki strategi pemasaran yang tepat dan menarik.

BACA JUGA:  50 Tahun Indonesia-Korea Selatan, UI Dukung Penguatan Kemitraan Sosial Budaya dan Diplomasi

4. Jasa fotografi

Jika Kamu memiliki keahlian dalam fotografi, Kamu bisa membuka jasa fotografi sebagai usaha sampingan. Kamu bisa memotret pada waktu luang atau pada akhir pekan dan mengambil proyek fotografi untuk pernikahan, acara keluarga, atau event bisnis.

5. Menjadi reseller

Menjadi reseller merupakan usaha sampingan yang cukup menjanjikan. Kamu dapat menjual produk dari brand-brand ternama atau brand lokal dengan mengambil keuntungan dari selisih harga yang Kamu berikan kepada pembeli.

BACA JUGA:  Menuju Green Campus, Taman Inovasi IPB Diresmikan

6. Pekerja Part Time di Kampus

Jika kesembilan pekerjaan sampingan di atas tidak terlalu menarik perhatianmu, kamu bisa mengambil pekerjaan sampingan di kampusmu juga, lho.

Biasanya setiap kampus menerima para mahasiswa untuk bekerja paruh waktu di beberapa bagian departemen, seperti asisten lab komputer, pustakawan, dan bidang lainnya.

Jika kamu termasuk mahasiswa yang cukup pandai dan memiliki nilai yang cukup tinggi, kenapa tidak mencoba untuk menjadi asisten dosen salah satu bidang mata kuliah yang kamu kuasai?

Selain kamu bisa belajar lebih dalam, kamu juga mendapat bayaran. Ditambah lagi, kamu bisa menambah pergaulan dengan adik tingkat di bawahmu.

Alif Rahma Nurhidayat

Pos terkait