Bisnis Tak Berjalan Mulus? Baca Ini!

DEPOKPOS – Standarisasi bisnis yang baik dan sukses tentunya butuh massa yang tidak sebentar, kisaran bulan bahkan perlu bertahun-tahun agar dapat melihat bahwa perjalanan bisnis seseorang dapat menggapai puncak.

Namun, hal ini bukan berarti tidak dapat digapai, banyak beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi target dalam bisnis kita.

Berikut cara-cara yang dapat dilakukan, terutama oleh para wirausahawan yang baru merintis bisnis.

BACA JUGA:  Siapkah Generasi Milenial Menjadi Agent of Change Dalam Menghadapi Era Society 5.0?

Pertama, gunakan beberapa strategi marketing mulai dari segi produk (product) dan promosi (promotion) hingga terjun berhubungan dengan konsumen melalui tempat yang strategis (place) dan bagaimana cara mempromosikan produk tersebut (promotion).

Selanjutnya, perhatikan aspek komponen-komponen bisnis yang harus dipenuhi. Beberapa komponen yang dimaksud adalah pada 9 komponen yang ada pada Bisnis Model Canvas (BMC).

BACA JUGA:  Pemimpin Cerdas yang Berintegritas

Mulai produk apa yang dapat diberikan kepada konsumen (value proposition), kemudian melewati kata “bagaimana cara produk kita sampai bahkan dikenal oleh konsumen (customer relationship)”, hingga tahap terakhir yakni “bagaimana cara kita menggapai pendapatan hingga memproyeksikan keuangan pada bisnis (revenue streams)”.

Dan yang terakhir, beberapa cara di atas dapat direkapitulasi menjadi lima komponen manajemen bisnis yakni, manajemen SDM, manajemen produksi, manajamen pemasaran, manajemen keuangan, dan manajemen risiko.

BACA JUGA:  6 Tips Sukses di Usia Muda

Hal tersebut dapat digarisbawahi bahwa kelima komponen manajemen bisnis ini harus diimplementasikan secara jelas, rapi, dan dapat dipahami guna mempermudah pengaplikasian proses bisnis yang sedang dibangun, terlebih kepada wirausahawan yang baru merintis bisnisnya.

Farhan Rajal Tuha Rea

Pos terkait