Bukan Wortel, Ini 5 Buah yang Bagus untuk Kesehatan Mata

DEPOKPOS – Selama ini wortel paling dikenal sebagai makanan yang dapat meningkatkan kesehatan mata dan mencegahnya dari kerusakan.

Padahal, ada juga buah untuk menjaga kesehatan mata selain wortel. Buah-buahan ini memiliki kandungan dan profil nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata.

Mengonsumsi buah-buahan secara rutin dapat menghambat perkembangan penyakit yang menyerang mata, seperti katarak, degenerasi makula, dan glaukoma. Berikut beberapa buah untuk kesehatan yang baik untuk dikonsumsi.

1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan mata. Alpukat kaya akan vitamin A, vitamin E, serta antioksidan, seperti lutein dan zeaxanthin. Semua nutrisi tersebut sangat penting untuk kesehatan mata sekaligus memperlambat perkembangan penyakit degenerasi makula dan katarak penyebab penglihatan kabur.

BACA JUGA:  Bunda, Hindari Makanan Ini untuk Si Kecil!

2. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin C dalam jeruk berfungsi untuk membantu melawan risiko katarak dan degenerasi makula. Vitamin C merupakan antioksidan yang baik untuk mencegah kerusakan mata akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C pada jeruk juga dapat membantu pembentukan protein kolagen yang bermanfaat untuk menjaga kejernihan kornea.

3. Mangga

BACA JUGA:  Mencegah Burnout pada Mahasiswa, Tips Tetap Bersemangat dan Fokus

Mangga juga termasuk buah untuk kesehatan mata yang direkomendasikan. Hal ini dikarenakan mangga mengandung dua nutrisi mata, antara lain lutein dan zeaxanthin, yang dapat menjaga kesehatan mata dan melindungi dari sinar biru yang dipancarkan dari layar gadget. Selain itu, mangga juga menyediakan sumber lutein dan zeaxanthin yang cukup tinggi, yaitu 48 mikrogram per buah. Selain itu, vitamin A yang tinggi pada mangga juga berfungsi untuk membantu mencegah gangguan mata, seperti mata kering dan rabun senja.

4. Tomat

Tomat merupakan sumber likopen, lutein, dan betakaroten yang terbukti melindungi mata dari kerusakan akibat cahaya, menghambat perkembangan katarak, dan degenerasi makula.

BACA JUGA:  Rabies Bisa Dicegah, Ini Caranya!

Hal tersebut didukung studi The Age-Related Eye Disease sebagaimana dilaporkan NCBI yang menemukan bahwa orang yang tinggi asupan karotenoid dapat menurunkan risiko degenerasi makula sebesar 35 persen.

5. Pepaya

Buah untuk kesehatan mata yang selanjutnya adalah pepaya. Pepaya sarat vitamin A dan C yang membantu melindungi kornea serta mengurangi degenerasi retina.

Sama seperti mangga, buah dengan daging berwarna kuning terang ini mengandung sekitar 271 mikrogram lutein dan zeaxanthin dalam setengah buahnya.

Abdul Djabbar Alfathi

Pos terkait