Bun! Ajari Ini Agar Anak Pintar Pilih Jajanan

Jajanan anak sekolah tidak semua sehat dan harus melihat lihat apakah jajanan ini tidak mengundang penyakit.

DEPOKPOS – Semua masyarakat pasti pernah memakan jajanan anak sekolah, ternyata jajanan anak sekolah tidak semua nya berasal dari tempat yang bersih dan sehat , kita harus jeli dalam memilih jajanan anak sekolah agar bisa terhindar dari penyakit karna terlalu sering memakan makanan yang tidak sehat.

Yuk mari simak cara memilih jajanan yang sehat.

Memperhatikan bungkus makanan

Kamu pasti bisa membedakan dan juga bisa menilai bungkus jajanan anak sekolah yang bersih atau tidak, dengan car aini kamu harus menghindarkan jajanan dengan bungkus koran atau kertas bekas , karna kita tidak tau apakah di dalam kertas atau koran kertas ini memiliki virus atau tidak.

BACA JUGA:  3 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Berpuasa

Memperhatikan kebersihan makanan

Memilih jajanan anak sekolah yang kedua ini yaitu memperhatikan kebersihan makanan , mungkin kamu bisa membedakan mana makanan yang bisa di makan lalu tidak mengundang penyakit dan makanan yang jika di makan akan mengundang penyakit, lihat dan teliti pada jajanan tersebut apakah tidak di hinggapi dengan lalat dan aman dari debu , dengan car aini maka kita agar lebih nyaman dan aman agar tidak terkena penyakit.

Hindari jajanan dengan warna yang mencolok

BACA JUGA:  Rips Mencegah Datangnya Penyakit Cacar Air

Mungkin di kalangan anak – anak jajanan dengan warna yang mencolok akan lebih menarik agar , agar tujuan mereka membeli jajanan tersebut, namun hal itu harus di hindari karna biasanya jajanan dengan warna yang mencolok ini mengandung zat pewarna berbahaya, hal tersebut bisa mengundang penyakit.

Tidak tergiur dengan harga yang murah

Kebanyakan jajanan anak sekolah ini di jual dengan harga yang murah , kamu harus melihat apakah jajanan ini pastas di kasih harga yang murah atau tidak, karna kebanyakan jajanan anak sekolah ini bisa di bilang murah untuk menarik konsumen agar membeli jajanan tersebut , jika harganya terlalu murah kita perlu pertanyakan , karna kita tidak tau terbuat dari bahan apa jajanan tersebut bisa saja mengandung campuran bahan yang berbahaya untuk kesehatan.

BACA JUGA:  Sambut Ramadhan 2023, Film "Buya Hamka" Rilis Bulan Depan

Memilih jajanan yang tertutup rapat

Cara memilih jajanan anak sekolah yang terakhir ini yaitu memilih makanan yang tertutup rapat Selain memperhatikan bahan bungkus kemasan yang digunakan, anak juga perlu memastikan bahwa jajanan yang dibeli, dimasukkan ke dalam kemasan yang tertutup rapat, seperti plastik yang sudah tersegel atau kotak yang telah dirapatkan dengan selotip. Kalau kemasannya terbuka, robek, dan rusak, kemungkinannya jajanan tersebut tidak sehat dan kotor karena bakteri dan debu.

Asril Gunawan

Pos terkait