Bunga Pertama yang Mekar di Luar Angkasa

DEPOKPOSTanaman bunga zinnia adalah bunga pertama yang mekar di stasiun antariksa internasional.

Sepucuk bunga yang berwarna orange dengan 13 kelopak menjadikannya tanaman yang tumbuh pertama dalam keadaan tanpa gravitasi di ruang angkasa.

Apakah mungkin ada kehidupan di angkasa luar ?

Pertanyaan yang mendasari berbagai penelitian di angkasa luar itu terjawab saat seorang astronot asal Amerika Serikat menggunggah sebuah foto bunga mekar dari tanaman jeruk zinnia. Bunga jeruk itu berhasil tumbuh di Stasiun Ruang Angkasa Internasional ( ISS ). Sebelumnya, jenis sayur lettuce berhasil tumbuh di antariksa. Pihak Badan Penerbangan dan Antariksa AS ( NASA ) menyampaikan jeruk zinnia dipilih karena lebih sulit tumbuh ketimbang lettuce.

BACA JUGA:  6 Makanan Penguat Stamina Tubuh saat Berpuasa

Kemudian astronot yang bernama Kelly dan Mikhail Kornienko memiliki misi untuk rneneliti dampak hidup jangka panjang di antariksa. Penelitian itu untuk melihat apakah ada peluang jika berkebun di antariksa. Tanaman zinnia memiliki karakteristik yang berbeda denga bungan lain seperti lebih peka terhadap cahaya, memiliki masa tumbuh yang lebih panjang antara 60 hingga 80 hari.

BACA JUGA:  4 Cara Mengatasi Wajah Kusam Karena Polusi Udara

Dengan demikian, tanaman tersebut lebih sulit tumbuh dan membuatnya berbunga pada durasi yang lebih panjang. Kini para ilmuwan terus memantau tanaman zinnia sebagai objek penelitian. Dengan harapan, hal tersebut juga bisa dilakukan di Mars.

BACA JUGA:  6 Tips Perawatan Rambut Pria Gondrong, Praktis dan Anti Ribet!

Jeruk zinnia ditanam dengan metode yang dibuat program Veggle NAS yang berjalan sejak 2014. Tanaman itu tumbuh dari “ bantal “ yang penuh dengan pupuk, benih, air ,dan lempeng yang disinari sinar lampu LED.

Khaisal Fajri, Mahasiswa Universitas Pamulang

Pos terkait