Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk

DEPOK POS – Asuransi mobil All Risk merupakan salah jenis asuransi yang akan menanggung seluruh risiko, mulai dari kerusakan kecil, besar, hingga kehilangan. Karena itu, asuransi mobil ini tepat dipilih khususnya bagi pemilik kendaraan dengan harga tinggi.

Selain mengetahui apa itu asuransi mobil All Risk hingga manfaat memilikinya, pengetahuan tentang cara klaim asuransi satu ini penting untuk diketahui. Berikut ini adalah tahapan-tahapan untuk klaim asuransi mobil All Risk:

1. Dokumentasikan Kerusakan

BACA JUGA:  Pernikahan Dini Menurut Pandangan Islam: Maraknya Pernikahan Dini Karena Pergaulan Bebas

Saat ingin mengajukan klaim asuransi mobil All Risk, dokumentasikan kerusakan pada kendaraan. Setelah mendokumentasikannya, Anda harus segera membuat laporan ke pihak asuransi dengan melampirkan bukti kerusakan.

Selain itu, lampirkan dokumen pendukung lainnya, seperti fotocopy SIM, STNK, buku polis, serta surat keterangan dari kepolisian (bila perlu).

2. Hubungi Agen Asuransi

Dalam pengajuan klaim asuransi mobil All Risk tidak harus dilakukan di kota asal. Umumnya, Anda juga bisa melakukannya saat sedang berada di luar kota.

BACA JUGA:  6 Tips Sukses di Usia Muda

Caranya menghubungi agen asuransi dan menjelaskan kronologi kejadian atau kerusakan yang dialami. Apabila klaim disetujui, maka agen asuransi akan merekomendasikan bengkel rekanan yang berada di kota tersebut.

3. Mengisi Formulir Klaim

Setelah mendapatkan rekomendasi bengkel untuk pengajuan klaim, maka tahap selanjutnya adalah mengisi formulir yang tersedia. Isi formulir secara lengkap dan pastikan Anda sudah melampirkan seluruh dokumen syarat klaim asuransi mobil.

4. Konfirmasi ke Pihak Asuransi

BACA JUGA:  Ekonomi Cianjur Pasca Gempa

Apabila seluruh persyaratan sudah dipenuhi, maka pihak bengkel akan melakukan konfirmasi kepada perusahaan asuransi. Apabila klaim diterima, maka pihak bengkel akan langsung melakukan proses perbaikan ke kendaraan Anda.

Cara klaim asuransi mobil All Risk berlaku untuk kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga. Namun, Anda harus menambahkan bukti foto dan surat keterangan dari pihak ketiga terkait kerugian yang dialami.

Gimana, sudah tak ragu lagi memilih asuransi mobil All Risk sebagai perlindungan kendaraan kesayangan?

Pos terkait