Dampak Komunikasi Bisnis pada Kinerja Perusahaan

DEPOK POS – Komunikasi menyentuh setiap aspek aktivitas manusia. komunikasi bisnis adalah
setiap komunikasi yang digunakan untuk mempromosikan produk, layanan atau organisasi, dengan tujuan melakukan penjualan. Dalam komunikasi bisnis, pesan disampaikan melalui berbagai saluran komunikasi, termasuk internet, cetak (publikasi), radio, televisi, outdoor, dan dari mulut ke mulut.

Menurut kotler, (2006), komunikasi adalah sarana yang perusahaan berusaha untuk menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen – langsung atau tidak langsung tentang produk dan merek yang mereka jual. Dalam arti, komunikasi merupakan “suara” dari merek dan itu adalah sarana yang dapat membangun dialog dan membangun hubungan dengan konsumen. Robert Kent, mantan dekan sekolah bisnis Harvard mengatakan, “dalam bisnis, komunikasi adalah segalanya”.

Komunikasi bisnis di negara-negara berkembang telah menarik beberapa kritik sehubungan dengan faktor-faktor yang menjadi kendala distorsi (misalnya ketakutan, khawatir, kurangnya kepercayaan, diskriminasi ras dan suku, diskriminasi budaya dan agama, lingkungan yang buruk, korupsi, dan perilaku umum terhadap pemasaran, dan lain-lain).

BACA JUGA:  Peranan Kekuasaan dan Politik terhadap Pengembangan Organisasi

Menurut Blalock (2005) berpendapat bahwa masalah komunikasi yang baik karena organisasi bisnis yang terdiri dari orang-orang, dan sebagai Robert Kent, mantan dekan Harvard Business School katakan, “Dalam bisnis, komunikasi adalah segalanya”.

Penelitian mencakup beberapa dekade telah secara konsisten peringkat keterampilan komunikasi penting bagi manajer. Manajer menghabiskan 75 sampai 80 persen dari waktu mereka terlibat dalam beberapa bentuk komunikasi tertulis atau lisan. Meskipun sering disebut sebagai keterampilan ‘lunak’, komunikasi dalam bisnis organisasi menyediakan link penting antara fungsi inti.

Menurut pakar manajemen (1998 – 2001), komunikasi bisnis melibatkan aliran konstan informasi. Umpan balik merupakan bagian integral dari komunikasi bisnis. Organisasi hari ini sangat besar dan mereka melibatkan sejumlah besar orang. Ada berbagai tingkat hirarki dalam suatu organisasi. Semakin besar jumlah tingkat, yang lebih sulit adalah tugas mengelola organisasi.

BACA JUGA:  Salah Paham? Komunikasi Kuncinya!

Pada dasarnya, komunikasi bisnis meliputi tubuh besar pengetahuan, dan bisa internal atau eksternal. komunikasi internal termasuk komunikasi visi perusahaan, strategi, rencana, budaya perusahaan, nilai-nilai bersama, dan prinsip-prinsip, motivasi karyawan, penyerbukan silang ide, dan lain-lain. Sementara komunikasi eksternal termasuk branding, pemasaran,iklan, menjual, hubungan pelanggan, hubungan masyarakat , hubungan media, negosiasi bisnis, dan lainnya. Apa pun bentuknya, tujuannya tetap sama, yaitu untuk menciptakan nilai bisnis.

Menurut Alyssa (2006), kemampuan berkomunikasi, dan berkomunikasi dengan baik adalah salah satu faktor terbesar dalam kesuksesan bisnis. Anda bisa menjadi desainer yang sangat baik, tetapi jika Anda tidak dapat mempromosikan layanan Anda dan berkomunikasi secara efektif dengan klien dan kolega, potensi Anda.

BACA JUGA:  MANFAAT PEMAHAMAN HUKUM KESEHATAN DARI RISIKO KESEHATAN REPRODUKSI DAN MENTAL BAGI ANAK YANG BELUM DEWASA NAMUN SUDAH MEMILIKI ANAK

Komunikasi telah diterima secara luas oleh para sarjana dan akademisi sebagai lifehood dari sebuah organisasi, karena komunikasi diperlukan untuk bertukar informasi, bertukar pendapat, membuat rencana dan proposal, mencapai kesepakatan, melaksanakan keputusan, mengirim dan memenuhi pesanan dan melakukan penjualan (Blalock, 2005)

Menurut Dunia Komunikasi Bisnis (internet), setiap bisnis bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan dalam apa pun jenis bisnisnya, intinya adalah bahwa Anda harus mendapatkan sesuatu dari itu. Tidak ada pebisnis berkeinginan untuk membuat kerugian karena hal ini dapat menyebabkan non-keberlanjutan dan akhirnya dekat kebangkrutan / likuidasi.

Selvy Aprilianah
Mahasiswa Universitas Pamulang Prodi SI Akuntansi, Fakultas Ekonomi & Bisnis

Pos terkait