Dampak Negatif Tidur Terlalu Lama bagi Kesehatan

Dampak Negatif Tidur Terlalu Lama bagi Kesehatan

DEPOK POS – Melakukan sesuatu secara berlebihan itu sangat tidak baik untuk diri terutama untuk kesehatan. Salah satu yang paling sering terjadi dan kadang tidak kita sadari kalau itu berbaya bagi kesehatan adalah tidur yang terlalu lama.

Meskipun banyak yang beranggapan berbaring seharian diatas kasur yang empuk sangatlah nikmat, tapi pada kenyataanya berbaring/tidur terlalu lama dapat mengganggu kesehatan. Pada umumnya waktu tidur yang relatif untuk orang dewasa berada pada kisaran 7-9 jam setiap hari, dan untuk orang tua (lansia) waktu tidur yang relative baik bagi mereka adalah sekitar 7-8 jam setiap harinya.

Walaupun kebutuhan tidur masing-masing orang itu tidak sama karena bergantung pada banyaknya kegiatan yang dialkukan selama sehari, gaya hidup, usia, kondisi fisik, serta keadaan kesehatannya.

Pada asarnya tidur merupakan cara terbaik untuk memulihkan dan mengistirahatkan tubuh dari banyaknya kegiatan serta pikiran yang memberatkan baik untuk fisik dan mental.

BACA JUGA:  Pakar UGM Imbau Masyarakat Waspada Hadapi Omicron XBB

Tapi jika tidur dilakukan secara berlebihan atau oversleeping dapat mengakibatkan rasa mengantuk yang berlebihan dan keinginan untuk selalu tidur atau hipersomnia.

Jika tidur terlalu lama kamu akan mengalami kesulitan untuk bangun pagi karena tubuhmu sudah terbiasa umtuk tidur, selain itu kamu juga akan terus merasa mengantuk meski sedang beraktivitas bahkan tetap merasa mengantuk dan ingin tidur walapun baru bangun dari tidur siang.

Berikut ini beberapa efek yang ditimbulkan jika terlalu banyak tidur dalam jangka waktu yang cukup lama:

⦁ Obesitas
Intensitas tidur yang terlalu lama bisa meningkatkan resiko terkena obesitas, karena terlalu banyak/lama tidur membuatmu kurang beraktivitas berupa olahraga atau sekedar jalan.

⦁ Sakit kepala
Tidur terlalu lama terutama pada siang hari membuatmu kesulitan untuk tidur pada malam hari. Hal ini mengakibatkan ketika bangun di keesokan harinya kamu mengalami sakit kepala akibat dari terganggunaya kinerja zat kimia yang ada di otak salah satunya serotonin yang mengakibatkan kinerja saraf otak yerganggu sehingga kepala terasa sakit.

BACA JUGA:  Mengenal Manfaat Wortel untuk Kesehatan

⦁ Sakit punggung
Tidur terlalu lama terlebih posisi yang sama dapat menyebabkan tulang terasa kaku dan cenderung menyebabkan sakit di punggung.

⦁ Diabetes
Pada dasarnya gangguan tidur baik tidur yang berlebihan, kekurangan waktu tidur atau susah tidur dapat meningkatkan resiko seseorang terkena diabetes karena kinerja metabolisme dan hormon tubuh mengalami kendala.

⦁ Gangguan mental (depresi)
Kamu pasti tidak menyangka kalau terlalu lama tidur dapat menyebabkan gangguan mental. Intensitas tidur yang terlalu lama dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan berupa kecemasan, kurangnya daya ingat, sukar berkonsentrasi, bahkan mudah lelah. Hal ini bisa jadi lebih parah bila sebelumnya memiliki riwayat depresi.

BACA JUGA:  Klorinasi pada Air dapat Mencegah Diare, Mengapa?

⦁ Penyakit jantung
Beberapa penelitian menyebutkan seseorang bisa beresiko terkena penyakit jantung bila memilki waktu tidur yang kurang atau bahkan berlebihan. Tidur yang berlebihan bisa membuat kinerja organ-organ tubuh bermaslah sehingga membuat kinerja jantung jadi bermaslah dan menyababkan penyumbatan pada pembuluh darah jantung. Hal paling buruk yang mungkin terjadi akibat terlalu lama tidur adalah kematian akibat terkena serangan jantung saat tidur.

CARA MENCEGAH TIDUR YANG BERLEBIHAN

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi intensitas tidur yang berlebihan adalah dengan melakukan beberapa cara berikut:

⦁ Membuat jadwal tidur
⦁ Olahraga yang rutin
⦁ Mengurangi konsumsi kafein dan alcohol
⦁ Memenangkan pikiran
⦁ Hindari bermain gadget secara berlebihan
⦁ Membuat suasana tidur terasa mengasyikan

Elisabeth Afrilanti Ervina
Mahasiswi Universitas Binawan

Pos terkait