Daun Seledri Dapat Turunkan Hipertensi

Daun Seledri Dapat Turunkan Hipertensi

DEPOK POS – Tekanan darah menunjukkan seberapa keras jantung anda memompa darah ke seluruh tubuh anda. Ketika tekanan darah anda tinggi, jantung anda bekerja lebih keras. Pada kondisi ini, beberapa orang sering mengalami berbagai gejala tekanan darah tinggi, seperti sakit kepala atau pusing.

Untuk mengurangi risiko komplikasi tersebut, anda bisa mengonsumsi daun seledri yang dapat membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Kandungan ekstrak heksana menurunkan tekanan darah.

Zat ini dapat meningkatkan sirkulasi, mengurangi peradangan dan mendukung tekanan darah. Umumny aorang yang menderita tekanan darah tinggi mengkonsumsinya dalam bentuk jus untuk menurunkan tekanan darahnya.

BACA JUGA:  Potensi Digital Marketing bagi Perkembangan Bisnis

Faktor yang Mempengaruhi

⦁ Faktor pemicunya meliputi faktor genetik, jenis kelamin, usia (risiko terkena hipertensi meningkat seiring bertambahny ausia), stres, obesitas, konsumsi garam dan alkohol
⦁ Faktor yang meningkatkan risiko meliputi penyakit kardiovaskular, gagal ginjal, stroke, dan kematian

Seledrisendirimengandungnutrisiyangcukuptinggidanlengkapyaituprotein,lemak,karbohidrat,kalsium,fosfor,zatbesi,vitaminA,vitaminB1,vitaminCdanair.Selainkandungannutrisinyayangtinggi,seledrijugamengandungglukosida,apiol,flavanoiddanapiin.Zatinibermanfaatsebagaiantiperspiran,untukdemam,tekanandarahtinggi,rematikdansusahtidur.

Rebusan Daun Seledri

Air rebusan daun seledri mempengaruhi tekanan darah pada pasien hipertensi. Ekstrak seledri dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini di karenakan kandungan antioksidan pada daun seledri mampu melawan bahaya radikal bebas.

BACA JUGA:  Liburan Produktif: Ragam Kegiatan Mengatasi Rasa Malas

Selain dapat menjadi pelengkap masakan, daun seledri juga bisa diolah menjadi jus. Untuk membuat jus seledri, anda bisa menambahkan berbagai bahan lain untuk membuat jus seledri seperti bayam, pir, nanas, atau perasan lemon

Cara Mengolah Jus Daun Seledri

Untuk membuat jus seledri, pastikan daun seledri di cuci bersih, kemudian daun seledri dan bahan lainnya dipotong kecil-kecil dan dimasukkan ke dalam blender. Tambahkan perasan lemon dan es batu. Kemudian saring hasil campuran tersebut, setelah itu siap untuk di minum.

BACA JUGA:  Memadukan Bisnis dan Teknologi

Manfaat daun seledri sendiri memang begitu beragam. Salah satu nya untuk penyakit hipertensi. Namun, jika anda ingin rutin mengonsumsi daun seledri, maka akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Ananda Sabrina Aulia
Mahasiswi Program Studi S1 Farmasi Universitas Binawan

Pos terkait