Daun Sirih untuk Penderita Cacar Air

Daun Sirih untuk Penderita Cacar Air

DEPOK POS – Pipir Betle atau yang lebih dikenal sebagai Daun Sirih adalah tanaman herbal yang sudah familiar dikalangan masyarakat. Selain sebagai minuman daun sirih juga banyak manfaatnya bagi kesehatan, salah satunya sebagai pengobatan penderita cacar air.

Tanaman daun sirih tumbuh subur didaerah tropis dengan kettinggian 300-1000m diatas permukaan laut, daun sirih tumbuh pada tanah yang banyak mengandung zat organik serta cukup air. Daun sirih memiliki dau tunggal dan memiliki bentuk yang cukup bervariasi mulai dari bentuk bundar telur atau juga berbentuk lonjong, ujung daunnya runcing, panjang daunnya sekitar 5-18 cm dan lebar 3-12 cm, daunnya berwarna hijau. (Damayanti, 2006)

Sifat dan Khasiat

Daun Sirih memeiliki senyawa fenolik yang dapat mengandung berbagai manfaat seperti antioksidan, anti mutagenik, anti bakteri, dan anti proliferatif. Daun sirih juga mengandung fitokmia yang tinggi.

Kandungan Kimia

Daun sirih memiliki kandungan kimia seperti: Minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylpyrokatekol, cyneole, cadinene, estragol, terpennena,tanin, diastase, pati, seskuiterpena, fenil propana, vitamin c, dan fenolik.

BACA JUGA:  PUPUS STUNTING Berbasis ATUR POLAMU  dengan Konsep “Sehat itu Milik Kita”

Bagian yang Digunakan sebagai Obat

Bagian yang sering digunakan sebagai obat adalah akar, daun dan biji untuk pengobatan tetapi yang paling sering dimanfaatkan ialah daunnya. Pemanfaatan obat tradisional ini disebabkan adanya sejumlah zat kimia atau bahan organik yang memiliki sejumlah aktivitas sebagai senyawa antimikroba

Indikasi

Tanaman daun sirih bisa digunakan untuk pengobatan:

⦁ Membantu Mengatasi diabetes
⦁ Membantu mengurangi luka
⦁ Membantu Mencegah Asma
⦁ Membantu menurunkan Bakteri
⦁ Membantu mencegah jerawat
⦁ Membantu menjaga kesehatan mulut
⦁ Membantu menurunkan berat badan

Daun sirih juga membantu untuk mempercepat penyembuhan Cacar air, karena daun sirih mengandung minyak atsiri yang dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti cacar air, selain itu, daun siih juga mempunyai kndungan pati, diatase, dan pati yang bisa membunuh kuman dan bersifat antioksidan.

BACA JUGA:  Diet DASH Menurunkan Tekanan Darah, Emang Bisa?

Cara Pemakaian

⦁ Untuk obat minum, cara pemakaiannnya cukup mudah. Cukup siapkan beberapa lembar daun sirih masukan kedalam panci yang berisi air, rebus sampai mendidih dan sampai airnya berwarna kecoklatan. (Fimela, 2014)

⦁ Untuk obat oles, cara pemakaiannya cukup mudah, cukup siapkan beberapa lembar dan sirih dan tumbuk sampai halus, setelah itu campurkan sedikit minyak kelapa aduk hingga rata, dan oleskan ke bagian tubuh yang terkena cacar. (Fimela, 2014)

⦁ Untuk obat pemakaina luar / untuk mandi, cukup ambil beberapa lembar daun sirih lalu masukan kedalam panci yang berisikan air bersih lalu rebus hingga mendidih, setelah mendidih angktan panci lalu masukan kedalm wadah dan tambahkan air dingin untuk di mandikan keseluruh tubuh. (Fimela, 2014)

BACA JUGA:  5 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

Efek Farmakologis

Daun sirih dimanfaatkan sebagai anti sariawan, antibatuk, astrigent, dan antiseptik. Kandungan kimia tanaman daun sirih ialah saponin, flavonoid, polifenol, dan minyak astiri. Senyawa saponin dapat bekerja sebagai antimkroba. Senyawa ini dapat merusak membran sitoplasma, dan membunuh sel senyawa flavonid diduga memiliki mekanisme kerja mendenaturasi protein sel bakteri dan merusak membran sel tanpa dapat diperbaiki lagi.

Daun sirih mempunyai aroma yang khas karena mengandung minyak astiri 4,2%, air, protein, lemak, karbohidat, kalsium, fosfor, vitamin A, B, C, yodium, gula dan pati. Fenol alam yang terkandung dalam minyak astari memiliki daya antiseptik lima kali lebih kuat dibandngkan fenol biasa ( Bakterisid dan Fungisid) tetapi tidak sporasid. Mekanisme fenol sebagai agen bakteri berperan sebagai toksin dalam protoplasma , merusak dan menembus dinding serta mengendapkan protein sel bakteri.

Sheila Camelia
Mahasiswa Farmasi Universitas Binawan

Pos terkait