Diduga Tidak Becus Jalankan Roda Pemerintahan, Kades Dan Perangkat Desa Di panggil Camat

MJ, Bawolato – Setiap pemerintah desa memiliki kewajiban untuk menyampaikan pertanggungjawaban APB Desa setiap akhir tahun. Namun, Pemerintah Desa Hilihao Cugala belum melaksanakan tugas ini dua bulan memasuki awal tahun 2024. Kepala desa beserta perangkatnya dipanggil oleh Camat Bawolato, dihadiri oleh lembaga BPD, LPM, Posyandu, PKK, pada Jumat, 23 Februari 2024, di kantor kecamatan Bawolato, pukul 14.00 WIB.

Pemerintah Desa Hilihao Cugala menghadapi sejumlah kendala yang menghambat penyampaian laporan realisasi APB Desa tahun anggaran 2023. Beberapa di antaranya adalah belum membayar gaji tukang, operasional LPM, keterlambatan pembayaran bon BPD di UD Ceria, serta pinjaman kepada Kasi Kesra dan Kasi Pelayanan untuk Posyandu dan anggota TPK.

BACA JUGA:  Kapolres Dairi Tinjau Rapat Pleno PPK Di Kecamatan Parbuluan untuk Memastikan Situasi Pasca Pemilu 2024

Selain itu, belanja barang atau alat PKK dan kegiatan Posyandu/ATK juga menjadi kendala. Bendahara umum desa menyatakan bahwa keuangan desa telah habis.

Dalam pertemuan tersebut, Camat Bawolato menekankan bahwa beberapa anggaran dana kegiatan harus dikembalikan di RKUDES sebelum menyampaikan realisasi laporan pertanggungjawaban APB Desa Tahun Anggaran 2023.

BACA JUGA:  Banjir dan Longsor Melanda Kota Semarang, Upaya Penanggulangan Terus Dilakukan

Anggaran yang harus dikembalikan mencakup dana pelatihan sebesar Rp. 11.140.000, dana Bumdes sebesar Rp. 5.000.000, dana Covid-19 sebesar Rp. 2.000.000, dan honor BPD yang berhenti sebesar Rp. 3.000.000.

Camat Bawolato berharap agar Kepala Desa Hilihao Cugala dapat menjelaskan seluruh kegiatan APB Desa Tahun Anggaran 2023 kepada peserta musyawarah pada musyawarah desa laporan pertanggungjawaban.

BACA JUGA:  Personil Polres Pelabuhan Belawan Gerebek Markas Begal, Kapolda Sumut Beri Penghargaan Kepada Personilnya, Tiga Orang Satpam

Jadwal yang telah diagendakan oleh pemerintah desa adalah menyampaikan RANPERDES laporan pertanggungjawaban APB Desa Tahun Anggaran 2023 kepada BPD pada hari Senin, 26 Februari 2024, rapat internal pada tanggal 28 Februari 2024, dan musyawarah desa pada tanggal 1 Maret 2024.

Pos terkait