Diet Merubah Pola Makan Menjadi Lebih Sehat

DEPOKPOS – Diet pada dasarnya adalah pola makan, yang cara dan jenis makanannya diatur. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, diet juga bertujuan untuk mencapai atau menjaga berat badan yang terkontrol.

Diet juga termasuk salah satu faktor terpenting dalam menjaga pola hidup yang sehat. Berbagai penelitian menyatakan bahwa diet yang seimbang dan sehat dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan tubuh, serta mengurangi risiko penyakit kronis dan gangguan kesehatan secara keseluruhan.

Makanan seperti apa yang dikonsumsi pada saat diet?

Sebenarnya makanan yang dikonsumsi saat diet sama seperti makanan umum biasanya tapi dengan mengurangi makanan yang tinggi akan lemak, gula, dan garam dan dengan memfokuskan ke makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan dan sayuran yang kaya akan serat, dan daging tanpa lemak, makanan berprotein tinggi seperti biji-bijian, susu rendah lemak, ikan, dan lain-lain dengan mekonsumsi makanan tersebut dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan, meningkatkan tingkat energi, meningkatkan kekebalan, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

BACA JUGA:  Walk For Autism : Memperjuangkan Hak untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Mengikuti diet sehat juga dapat mendukung penurunan berat badan, meningkatkan pencernaan, dan menyediakan vitamin dan mineral penting untuk kesehatan yang optimal. Selain itu, beberapa diet mungkin menawarkan manfaat kesehatan tambahan seperti menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan kulit, dan meningkatkan kualitas tidur.

BACA JUGA:  Ini Beberapa Makanan Pembangkit Mood saat Patah Hati

Berikut adalah beberapa tips diet sehat :

⦁ Defisit kalori menurut BMI.
Untuk menurunkan berat badan, defisit kalori adalah kunci penurunan berat badan dengan mengurangi batas kalori harian yang disarankan.

⦁ Batasi porsi dan waktu makan.
Mengurangi porsi makan dari porsi yang biasanya anda makan. Dan anda juga perlu menyesuaikan jadwal makan, terutama untuk makanan berkalori tinggi.

⦁ Perhatikan gizi makanan dan minuman.
Diet sehat tetap membutuhkan nutrisi yang lengkap dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral, serta kalsium. Dikarnakana nutrisi berperan penting dalam memproduksi energi dan mendukung aktivitas.

BACA JUGA:  Ini 5 Bahaya Jika Junkfood Rutin Dikonsumsi

⦁ Kebutuhan air yang cukup.
Ganti minuman manis manis favoritmu dengan air mineral. Minimal 2 liter air mineral per hari juga bisa mengurangi nafsu makan berlebih bila dikonsumsi sebelum makan.

⦁ Aktif dalam olahraga.
Dapat dikatakan bahwa penurunan berat badan adalah 80% diet dan 20% olahraga dan aktivitas fisik

6. Tidur yang cukup.
Selain pola makan dan olahraga, ternyata tidur yang cukup juga menjadi aspek penting untuk mendapatkan tubuh langsing seperti yang diinginkan.

Dengan mempraktikkan beberapa tips diatas, semoga dapat membantu anda dalam menjalankan diet yang lebih sehat

Putri Riskiyah Hasibuan
UNIVERSITAS PAMULANG

Pos terkait