DLHK Depok Ajak Partisipasi Warga Kelola Sampah

Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat dan seluruh elemen bisa mengelola sampah dengan baik

DEPOK – Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap 21 Februari, dijadikan momentum Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok untuk mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam pengelolaan sampah. Salah satunya dengan pemilihan sampah yang dimulai dari rumah tangga.

BACA JUGA:  Sejumlah Tokoh Apresiasi Peresmian Kantor DPP FWJ Indonesia

“Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat dan seluruh elemen bisa mengelola sampah dengan baik. Agar sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung bisa berkurang,” kata Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati, Selasa (21/02/23).

Ety, sapaannya, pun meminta, kepada seluruh jajaran pemerintahan, termasuk wilayah agar melakukan sosialisasi dan kampanye kebijakan. Serta program pengelolaan sampah.

BACA JUGA:  Warga Limo Kembali Tuntut Pembayaran Tanah Tol Cijago Seksi 3B

Selain itu, ujar dia, melakukan gerakan kolaboratif masyarakat dengan dunia usaha dalam pengembangan ekonomi sirkular. Seperti, rumah kompos atau Unit Pengolahan Sampah (UPS), pertanian perkotaan (urban farming) dan bank sampah.

“Mudah-mudahan upaya yang terus kita lakukan dan sosialisasikan secara masif ini, bisa membawa lingkungan jadi lebih baik,” kata Ety.

Sementara itu, Koordinator UPS Kelurahan Beji, Andriansyah mengatakan, pihaknya juga kerap mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah. Sebab, langkah tersebut, menurutnya, dapat membawa dampak yang baik bagi lingkungan.

BACA JUGA:  Walikota Jakut Berikan Hadiah ke Pemenang Kaligrafi The Power of Ka'bah

“Kami terus berupaya membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam pengurangan sampah, khususnya yang bersumber dari rumah tangga. Dengan cara ini diharapkan bisa meminimalisir beban sampah yang masuk ke TPA,” tutupnya.

Pos terkait