Doa agar Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Bisa dibilang, mendapatkan malam lailatur qadar artinya setara dengan mendapatkan pahala ibadah seumur hidup tanpa henti.

DEPOKPOS – Malam lailatul qadar merupakan malam yang sangat didambakan umat Islam di seluruh dunia.

Bagaimana tidak, malam lailatul qadar sangatlah mulia sehingga nilai ibadahnya lebih baik dari melaksanakan ibadah 1000 bulan atau setara 83.3 tahun.

Bacaan Lainnya

Bisa dibilang, mendapatkan malam lailatur qadar artinya setara dengan mendapatkan pahala ibadah seumur hidup tanpa henti.

Mengenai malam lailatul qadar tercantum dalam Al-Qur’an dan hadis. Di Al-Qur’an, lailatul qadar terdapat di Surah Al-Qadr ayat 1-5. Begini bunyinya:

BACA JUGA:  Pentingnya Pendidikan Islam Sejak Dini

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ, لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ، سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

Meski ditunggu-tunggu kedatangannya, tetapi tidak ada yang tahu pasti kapan malam lailatul qadar. Biasanya malam kemuliaan ini datang di 10 hari terakhir Ramadhan. Hal ini tercantum dalam sabda Rasulullah sebagai berikut:

BACA JUGA:  Puasa Ramadhan untuk Meraih Derajat Takwa

تَحَرَّوْا ليلة القدرِ في الوِتْرِ، من العشرِ الأواخرِ من رمضانَ

Artinya: “Carilah oleh kalian keutamaan lailatul qadar (malam kemuliaan) pada malam-malam ganjil di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan.” (HR Bukhari)

Umat muslim pastinya ingin merasakan malam lailatul qadar. Buat yang ingin mendapat keberkahan dan anugerah malam lailatul qadar, bisa baca doa sebagai berikut:

Doa agar Dianugerahi Malam Lailatul Qadar

‎اَللَّهُمَّ اِطَّلِعْ عَلَيْنَا لَيْلَةُ الْقَدَرِ اَلْعَظِيْمَةُ الْقَدَرِ فِى الْيَقُظَة وَ الْمَنَام

Artinya: “Ya Allah, datangkanlah kepada kami Lailatul Qadar yang mulia saat bangun dan tidur.”

Adapun umat muslim yang setelah selesai salat witir membaca doa tersebut sebanyak tujuh kali, maka dengan izin Allah SWT orang tersebut akan mendapatkan malam lailatul qadar.

Selain membaca doa tadi, jangan lupa juga untuk melakukan amalan baik lainnya di 10 hari terakhir Ramadhan supaya mendapat beberapa keutamaan.

BACA JUGA:  Ini yang Harus Diperhatikan Muslimah yang Bekerja Diluar Rumah

Adapun keutamaan yang didapatkan umat muslim di malam lailatul qadar adalah dosanya akan diampuni Allah SWT.

Selain malam 1000 bulan, malam lailatul qadar juga dikenal sebagai malam pengampunan.

Jadi jangan lupa untuk banyak beribadah dan mohon ampunan pada Allah SWT.

Pos terkait