Dosen dan Mahasiswa Universitas Sutomo Beri Pelatihan Pembuatan Aplikasi Android ke Siswa SMA

Dosen dan Mahasiswa Universitas Sutomo Beri Pelatihan Pembuatan Aplikasi Android ke Siswa SMA

MAJALAH JAKARTA, BANTEN – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sangatlah cepat. Kemajuan di bidang teknologi, komputer, dan telekomunikasi mendukung perkembangan teknologi internet. Aplikasi berbasis mobile atau android menjadi area yang berkembang di era global saat ini.

Untuk itu diperlukan pengenalan sejak dini tentang teknologi tersebut kepada siswa/i yang masih duduk di bangku sekolah agar nantinya keahlian mereka akan bertambah dan bisa cepat mengikuti perkembangan teknologi. MIT App Inventor merupakan platform untuk memudahkan proses pembuatan aplikasi sederhana tanpa harus mempelajari atau menggunakan bahasa pemrograman yang terlalu banyak. Jadi Siswa/i dapat mendesain aplikasi android sesuai keinginan dengan menggunakan berbagai macam layout dan komponen yang tersedia.

BACA JUGA:  MUSTOPA, Inovasi Mahasiswa FKM UI Cegah ISPA Bersama

Maka dari itu, hal inilah yang melatar belakangi 3 dosen dan 5 mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Program Studi Sistem Komputer dan Sistem Informasi Universitas Sutomo yang beralamat di Jl. Raya Jakarta Km 5 No.6, Kalodran, Kec. Walantaka, Kota Serang, Banten 42183 untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang di ketuai oleh Angga Primadjaya, S.Kom.,M.M., M.Kom dan rekan-rekan dosen lainnya diantaranya Asep Suryadi, S.Kom, M.Kom., Istiqomah Rohmawati, S.Kom, M.Kom., dan Mahasiswa-mahsiswi prodi sistem informasi.

BACA JUGA:  UI Monitoring Fauna Reptil di Lingkungan Kampus

Pengabdian kepada masyarakat (PKM) adalah salah satu wujud bentuk dari Tri Dharma perguruan tinggi; yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, kami Tim PKM memberikan pelatihan kepada siswa/i Smkn 7 Kota Serang dengan tema kegiatan: “PENGENALAN MIT APP INVENTOR UNTUK MEMBUAT APLIKASI ANDROID PADA SEKOLAH SMKN 7 KOTA SERANG” yang beralamat di Jl. Raya Bangdes, Kampung Baru, Terminal Pakupatan, Serang, Panancangan, cipocok jaya, kota Serang, Banten (42124), Indonesia.

Pelatihan yang dilaksanakan selama satu hari pada hari Selasa tanggal 15 November 2022 di ikuti 36 siswa/i dan syukur alhamdulillah acara ini telah berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan hangat dari kepala sekolah SMKN 7 Kota serang yaitu bpk Drs. H. Subai, M.M. Materi yang kami berikan yaitu memberikan pelatihan bagaimana cara membuat sebuah aplikasi android dengan memanfaatkan Web aplikasi open source MIT App Inventor.

BACA JUGA:  VOKASI UI Gaungkan Inovasi Kepemudaan Lewat Ajang PRAction 2023

Kedepannya dengan pelatihan ini siswa-siswi SMKN 7 Kota Serang diharapkan dapat membuat sebuah aplikasi android dengan cara menyusun dan men-drag and drops block yang merupakan simbol perintah dan fungsi event handler untuk menciptakan sebuah aplikasi yang bisa berjalan di sistem android. []

Pos terkait