Dua Mahasiswa UI Raih Penghargaan pada Jambore PR Indonesia 2022

Dua Mahasiswa UI Raih Penghargaan pada Jambore PR Indonesia 2022

MAJALAH JAKARTA – Dua mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat (Prodi Humas), Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI), yakni Lulu Il Asshafa dan Aisyah Muftian Mursyid, Kamis malam (10/11/2022) meraih Gold Winner sebagai Rookie Stars dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh PR Indonesia. Aisyah dan Lulu membawakan topik tentang “Mazimazing Communication Strategies Using Social Media Wisely”. Untuk Insan PR 2022 Kategori Perguruan Tinggi Subkategori Kepala Biro diraih oleh Amelita Lusia, Kepala Biro Humas dan KIP UI, lewat penghargaan Bronze Winner. Untuk kategori ini, tidak ada pemenang gold winner maupun silver winner.

Apresiasi tertinggi bagi para tokoh public relations (hubungan masyarakat) di tanah air ini diberikan pada ajang JAMPIRO #8 –acara tahunan PR Indonesia– yang berlangsung di Surabaya, bertepatan dengan Hari Pahlawan. Ratusan praktisi dan para pemimpin pemerintah, swasta, perguruan tinggi, dan mahasiswa, berkumpul untuk memberikan penghormatan kepada pelaku humas profesional.

BACA JUGA:  Profesor UGM: TIK Memengaruhi Pengembangan Kota Cerdas

Tahun ini, penyelenggaraan acara tersebut diadakan secara luring untuk berbagai level hingga usia, dengan kategori lengkap, bahkan ada penambahan kategori dan penyempurnaan bobot penilaian. Tujuannya agar kompetisi lebih relevan, kredibel, dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Kami senang sekali mendapatkan apresiasi ini, membuktikan bahwa kami mampu menggunakan ilmu yang kami peroleh di bangku kuliah sebagai pisau analisis dalam membahas topik yang kami bawakan,” kata Lulu. Ia menambahkan, “Terima kasih kepada Kaprodi Humas kami Ibu Mareta, manajer kemahasiswaan di Vokasi UI Ibu Pijar Suciati, dan dosen kami Bapak Donny yang sangat men-support kami.”

BACA JUGA:  Mahasiswa PGSD Uhamka Laksanakan Rangkaian Program KKN di 3 Kota

“Dengan adanya wadah apresiasi ini memberikan kesempatan bagi kami untuk bisa memberikan perubahan yang berdampak bagi negeri. Ditambah dengan peringatan Hari Pahlawan ini memberikan semangat kami untuk bisa menjadi pahlawan komunikasi di era digital,” ujar Ais. Menanggapi kemenangan mahasiswanya, Mareta Maulidiyanti, Ketua Prodi Humas, Vokasi UI, mengatakan, “Mahasiswa kami dilatih untuk mampu menyusun program humas mulai dari analisis situasi, perencanaan program, hingga pelaksanaan dan evaluasinya.”

Amelita menyampaikan terima kasih atas apresiasi dari para juri Jambore PR Indonesia. “Ajang ini sangat besar maknanya bagi para insan humas, karena kami bisa saling belajar dari humas dari BUMN, kementerian, dan swasta. Tantangan di dunia humas ke depannya makin penuh dinamika, terutama sebagai akibat dari kemajuan teknologi informasi komunikasi (TIK) seperti saat ini. Kami harus adaptif,” ujarnya.

BACA JUGA:  Pengenalan Personal Branding & Public Speaking Di SMK Ganesa Satria 1 Depok Sebagai Upaya Menghadapi Dunia Kerja

Pendiri yang juga sebagai CEO PR Indonesia, Asmono Wikan, menilai bahwa saat ini praktisi PR sudah mampu mengartikulasikan posisi mereka dalam berbagai program komunikasi di korporasi/institusi/lembaga masing-masing. Menurut Asmono yang juga anggota Dewan Pers, tanpa memahami posisi dan fungsi, seorang humas tidak dapat menghadapi tantangan ke depan.

Kategori penghargaan Jambore PR 2022 ini diberikan untuk PR INDONESIA Rookie Stars 2022, ICON PR INDONESIA 2022, Insan PR INDONESIA 2022, dan PR INDONESIA Fellowship Program 2022. Proses seleksi dan penjurian di hadapan dewan juri sudah dilaksanakan sejak akhir Oktober 2022.

Pos terkait