Dugaan Mark’Up Data Siswa/Siswi oleh PKBM Se-Kabupaten Tulang Bawang, Dinas Pendidikan Tuba

MJ, Lampung – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) menerima kucuran anggaran dari pemerintah pusat untuk mendukung pendidikan di setiap kabupaten tiap tahunnya. Namun, praktik Mark’Up data siswa dan siswi menjadi sorotan di Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, di mana oknum pemilik yayasan dan dinas pendidikan kabupaten diduga berkolaborasi dalam tindakan kejahatan tersebut.

Anggaran Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) yang diajukan ke Mendikbud RI oleh dinas pendidikan kabupaten, dengan besaran nilai satuan untuk setiap peserta didik, menjanjikan jumlah yang menggiurkan. Namun, investigasi yang dilakukan oleh awak media dan Persatuan Pewarta Warga Indonesia kabupaten tulang bawang (PPWI-TUBA) menemukan bukti Mark’Up data di berbagai sekolah PKBM di wilayah tersebut.

BACA JUGA:  Kapolsek Torgamba Sosialisasikan Bahaya Narkoba di SMK Arum Aek Raso

CV. SINAR HARAPAN menjadi sorotan dengan ketidaksesuaian antara jumlah anggaran yang diterima dan jumlah peserta didik yang ada. Harapan masyarakat adalah agar Aparat Penegak Hukum (APH) seperti Inspektorat, Jaksa, atau kepolisian setempat dapat mengusut tuntas praktik ini.

BACA JUGA:  Kapolres Tulang Bawang Bagikan Bingkisan dan Berikan Dukungan kepada Petugas Pengamanan di PPK

PKBM lain seperti Raden Intan, Bina Bumi, Sinar Pelangi, dan Angkasa Raya juga terlibat dalam dugaan praktik Mark’Up. Meskipun hampir seluruh PKBM di Tulang Bawang memiliki SK operasional, masih banyak yang belum melakukan registrasi, menimbulkan dugaan kerjasama yang merugikan negara.

PPWI-TUBA menyerukan tindakan tegas dari APH Kabupaten Tulang Bawang untuk memberantas praktik Korupsi Kolusi Nepotisme (KKN) di bidang pendidikan. Mereka juga menuntut pertanggungjawaban dari PJ Bupati Tulang Bawang, Drs. Qudrotul Ikhwan. MM., dan DPRD Kabupaten Tulang Bawang komisi III terhadap dugaan Mark’Up siswa dan siswi di PKBM se-kabupaten.

BACA JUGA:  Operasi Senyap, Sat Narkoba Polres Simalungun, Berhasil Ungkap Narkoba di Bandar Jawa

Laporan sebelumnya ke Polda Lampung terkait PKBM ALMADINAH menjadi bukti nyata akan praktik korupsi ini. PPWI-TUBA bersumpah untuk terus mengawal kasus ini hingga ke Kajati dan Polda Lampung.

Pos terkait