E-wallet sebagai Media Promosi dalam Bisnis Online

DEPOK POS – E-wallet merupakan suau alat pembayaran yang dapat digunakan untuk transaksi secara online melalui media elektronik (Dac-Nhuong le, 2019). E-wallet dapat mempermudah pelanggan untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan media elektronik seperti ponsel untuk bertransaksi pembayaran barang atau jasa dari penjual untuk menyelsaikan transaksi. Di era digital yang semua transaksi telah dilakukan secara cashless memaksa masyarakat untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi saat ini. Transaksi yang dulu dilakukan dengan pembayaran tunai, kini beralih dengan cara yang lebih praktis, salah satunya dengan menggunakan e-wallet.

BACA JUGA:  Pentingnya Memiliki Rasa Percaya Diri dalam Kehidupan

Kehadiran e-wallet sangat menguntungkan para pebisnis, terutama mereka yang memiliki bisnis online. Bahkan bisnis offline pun kini banyak yang menyediakan QR code untuk kemudian dipindai dengan menggunakan e-wallet. Dengan e-wallet, pelanggan jadi memiliki metode pembayaran yang lebih variatif. Mereka pun jadi menyesuaikan metode pembayaran yang diinginkan dengan kebutuhan mereka. Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai penyedia layanan e-wallet, seperti Go-Pay, OVO, Dana, LinkAja, ShopeePay, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:  Munggahan, Tradisi Betawi Jelang Ramadan yang Tetap Terjaga

Terdapat banyak keuntungan menyediakan pembayaran via e-wallet pada bisnis. Jika transaksi tunai mengharuskan untuk menyiapkan kembalian, berbeda dengan penggunaan e-wallet. tidak perlu menyiapkan uang tunai untuk kembalian karena pembayaran dilakukan secara online dan otomatis. Dengan menyediakan e-wallet sebagai salah satu metode pembayaran bisnis tidak perlu pusing memikirkan promosi. Sebab, penyedia layanan e-wallet seringkali memberikan promo berupa diskon maupun cashback sehingga hanya perlu memberikan info perihal promo tersebut kepada para pelanggan.

BACA JUGA:  Insecurity ; Dampak Media Sosial Pada Ketidakpercayaan Diri Remaja

Dengan begitu, bisnis dengan e-wallet tentu bisa mengurangi kejahatan penyebaran uang palsu. Pasalnya, teknologi uang digital yang disimpan dalam e-wallet dijamin aman, dan keamanannya tetap sulit ditembus

Robiatul Adawiyah
Mahasiswi Universitas Pamulang
Prodi Akuntansi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Pos terkait