Forum Anak Depok Sampaikan Dua Aspirasi di Forum Renja Bappeda

DEPOK – Forum Anak Kota Depok menyampaikan aspirasinya dalam Forum Rencana Kerja (Renja) Badan Perencanaan Pembangunan dan Pengembangan Penelitian Daerah (Bappeda) Kota Depok. Terdapat dua aspirasi yang disampaikan pada acara tersebut.

Ketua Forum Anak Kota Depok, Faris Akhyarullah mengatakan, pihaknya ingin pengoptimalkan partisipasi keikutsertaan anak dalam perencanaan pembangunan dari tingkat kota, kecamatan, hingga kelurahan.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Praktik Pungli di Sekolah Bisa Dijerat Pidana

Meski sudah dilibatkan, namun mereka ingin agar lebih dioptimalkan di seluruh wilayah.

“Tujuannya agar anak-anak memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk turut berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan, selain itu forum anak juga supaya mampu lebih baik dalam melaksanakan musrenbang anak,” katanya dalam acara tesebut.

BACA JUGA:  Wakil Wali Kota Ajak Warga Awasi Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2024

Faris menuturkan, aspirasi kedua yang disampaikan adalah Forum Anak ingin Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengadakan edukasi secara berkelanjutan mengenai perencanaan pembangunan kepada anak.

“Agar anak-anak paham seperti apa Kota Depok dari berbagai sektor seperti ekonomi, industri, sosial, budaya dan sebagainya, serta apa saja yang perlu diperbaiki,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bappeda Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, berbeda dari daerah lain di Indonesia, Kota Depok memiliki program menyerap aspirasi dari seluruh stakeholder melalui kegiatan Kongko Pembangunan. Di antaranya, ada Kongko Anak, Remaja, hingga Lansia.

BACA JUGA:  Percepatan Pelepasan Varietas Anggur Lokal Mulyandari dari Kota Depok

“Di anggaran Rp2,5 miliar dana kelurahan salah satu kegiatannya untuk kelurahan layak anak, tetap dikawal dilihat lagi seperti apa kegiatannya nanti untuk pemenuhan hak anak,” ucapnya.

“Untuk sosialisasi pembangunann kami akan kolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika, bagaimana strategi mempropagandakan program pembangunan kita kepada masyarakat,” pungkasnya.

Pos terkait