Gandeng PMI, Alumni SMPN 7 Depok Gelar Donor Darah dan Pelayanan Kesehatan

DEPOKPOS – Alumni SMP 1 Cimanggis yang kini menjadi SMPN.7 Depok melalui rangkaian kegiatan New Class Meeting Reunion (CMR) 2023 di ikuti dari angkatan 1980-2004 mengadakan aksi donor darah dan pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat sekitar.

Agenda tersebut merupakan salahsatu bentuk sumbangsih Alumni SMPN 7 Depok dan respon positif atas permintaan dari komunitas thalasemia yang kekurangan stok darah.

“Kita memfasilitasi itu dengan mengadakan donor darah sekaligus bakti sosial pelayanan kesehatan dan pemberian vitamin C gratis untuk masyarakat,” jelas koordinator donor darah Ivahn Badai Caliandra.

BACA JUGA:  Komitmen Pelopor Kepedulian Bersama Anak-Anak Yatim, Bahagiakan dan Muliakan Mereka

Ia juga menyebut Sekitar 40 tenaga kesehatan termasuk Dokter ahli turut andil dalam kegiatan ini.

“Kebetulan dari alumni kita juga ada dua orang Dokter yang turut mebantu mensukseskan acara ini, selebihnya dari Kemenkes dan PMI,” imbuhnya.

Kedepannya, para Alumni SMPN 7 Depok ini juga merencanakan pemeriksaan kesehatan gigi gratis mengingat masyarakat masih banyak yang jarang memeriksa kesehatan gigi karena terkendala biaya.

BACA JUGA:  Berbagi Buka Puasa Bersama Anak-Anak Binaan Da’i di Pedalaman Papua Barat

“Kesehatan gigi ini memang lain, sekali periksa aja bisa keluar uang 200 hingga 300 ribu rupiah, makanya di kesempatan berikut kita ingin mengagendakan pemeriksaan gigi gratis untuk masyarakat,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, dr Eko Medi Setianto dari pusat krisis kesehatan Kemenkes menyebut dirinya bersama Emergency Medical Team (EMT) regional DKI Jakarta turut menurunkan tenaga kesehatan yang dan armada ambulance emergency.

BACA JUGA:  Sambut Bulan Suci, Laznas Dewan Dakwah Ajak Belanja Anak-anak Yatim Dhuafa Jatinegara

“EMT ini sendiri sebetulnya untuk penanganan kedaruratan bencana atau krisis kesehatan yang dibentuk untuk membantu provinsi atau kabupaten/kota ketika ada bencana. Termasuk membantu kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Dia juga menyebut, permasalahan yang umum ditemui adalah jenis penyakit seperti hypertensi, gula darah, diabetes.

“Penyakitnya berpotensi menjadi berat jika tidak diketahui dari awal, disitulah perlunya pemeriksaan kesehatan seperti ini agar tidak menjadi berat dikemudian hari,” pungkasnya. []

Pos terkait