Gandeng UPI, BIG dukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Gandeng UPI, BIG dukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

DEPOK POS – Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menandatangani Perjanjian Kerja Sama tentang Penyelenggaraan Program Magang Bersertifikat dalam rangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Bidang Informasi Geospasial. Penandatangan kerja sama dilakukan oleh Kepala Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai (PPKLP) dan Dekan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), 27 Juli 2022.

Kerja sama ini bertujuan untuk memberikan kesempatan mahasiswa mengikuti kegiatan kampus merdeka dan menyiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja di bidang informasi geospasial dasar. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa yaitu melakukan delineasi garis pantai pasang tertinggi indikatif di wilayah Sumatera, Jawa-Bali-Nusa, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku-Papua pada citra satelit resolusi tinggi.

Dengan mengikuti kegiatan magang ini mahasiswa diajarkan praktik langsung melakukan delineasi garis pantai mulai dari mengumpulkan sumber data, mendelineasi, mengisi atribut, mengintegrasikan data, melakukan topologi, mengoreksi kesalahan topologi, melakukan kontrol kualitas, hingga menyusun metadata.

BACA JUGA:  Perluni UAJ dan Pimpinan Unika Atma Jaya Mengedukasi Pemilih Pemula Kawal Pemilu Bersih

Kegiatan ini diikuti oleh 25 mahasiswa semester 7 dari Program Studi Survei Pemetaan dan Informasi Geografi FPIPS UPI. Selama kurang lebih 5 bulan mahasiswa akan melakukan delineasi garis pantai pasang tertinggi indikatif di laboratorium komputer UPI setiap harinya mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Kegiatan tersebut ditargetkan selesai pada Desember 2022.

Wakil Dekan FPIPS UPI Prof. Dr. Mamat Ruhimat, M.Pd menjelaskan bahwa ketua program studi dituntut bekerja maksimal dan hasil kerjanya dinilai melalui 8 (delapan) indikator kinerja utama (IKU). Di mana salah satunya adalah jumlah alumni yang mendapatkan pekerjaan kurang dari 6 bulan setelah kelulusan dan jumlah mahasiswa yang mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, baik itu berupa pertukaran pelajar ke luar negeri atau bekerja magang di instansi pemerintah, perusahaan swasta, atau perusahan multinasional.

BACA JUGA:  Fakultas Peternakan UGM Kembali Selenggarakan Pelatihan Pengelolaan Usaha Peternakan Sapi

“FPIPS UPI sangat menyambut baik tawaran kegiatan magang yang diberikan oleh PPKLP BIG karena sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk dapat siap bekerja di bidang informasi geospasial setelah nanti lulus”, ujar Mamat. Selain itu kegiatan magang ini juga mendukung peningkatan nilai IKU Program Studi Survei Pemetaan dan Informasi Geografi UPI.

Bagai gayung bersambut, Kepala PPKLP Ir. Yosef Dwi Sigit Purnomo, M.Si juga sangat gembira dengan adanya kerja sama antara BIG dan UPI ini karena dapat berperan serta membantu mahasiswa dalam menyiapkan kompetensinya memasuki dunia kerja.

Di sisi lain, kegiatan magang bersertifikat ini juga meringankan beban kerja PPKLP dalam penyediaan garis pantai indikatif skala besar di seluruh Indonesia. Diharapkan kegiatan magang bersertifikat ini menjadikan lulusan Program Studi Survei Pemetaan dan Informasi Geografi UPI dapat lebih mudah dan cepat mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya.

BACA JUGA:  UGM Raih Paritrana Award Kategori Pelayanan Publik

“Harapan saya kegiatan kerja sama ini tidak hanya berhenti di kegiatan magang ini saja. PPKLP BIG memiliki segudang data terkait batimetri dan garis pantai yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan dosen UPI untuk kegiatan penelitian ataupun pembuatan tugas akhir, tesis, maupun disertasi,” pungkas Yosef.

Dia juga berharap beberapa staf PPKLP BIG dapat bergabung menjadi dosen tamu yang terdaftar resmi di UPI sehingga bisa memberikan ilmu geospasial dasar yang bersifat aplikatif kepada mahasiswa. Pemberian ilmu yang didasari atas pengalaman kerja, tentunya akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa. (DP/MN)

Pos terkait