Handsanitizer Alternatif dari Daun Kemangi

Handsanitizer Alternatif dari Daun Kemangi

DEPOK POS – Handsanitizer umumnya mengandung Ethyl Alcohol 62 %, pelembut, dan pelembab. Kandungan bahan aktifnya adalah alkohol yang memiliki efektivitas paling tinggi terhadap virus, bakteri, dan jamur juga tidak menimbulkan resistensi pada bakteri. Alkohol sendiri dapat membuat tangan menjadi kering. sehingga handsanitizer harus dilengkapi dengan moisturizer dan emolient, yang menjaga tangan tetap lembut, tidak menjadi kering, tidak seperti larutan alcohol murni yang dapat menyebabkan dehidrasi pada kulit. Handsanitizer umumnya akan menguap sehingga tidak meninggalkan residu atau membuat tangan lengket (Aiello, 2010; Larson, 2005).

Pembersih tangan berbahan dasar alkohol tidak bisa menggantikan pembersih Tangan dengan sabun dan air mengalir. Studi terbaru menunjukkan bahwa pembersih tangan justru meningkatkan risiko infeksi virus Peradangan pada saluran pencernaan. “Pensanitasi tangan kurang optimal dalam pengendalian infeksi norovirus Tidak ada hubungan sebab akibat langsung di antara pembersih tangan Infeksi norovirus, tetapi ada kecenderungan risikonya meningkat,” kata Dr. David Blaney Dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit seperti USA atau CDC dikutip dari Medicalnewstoday. Dari sini dapat disimpulkan bahwa penggunaan hand sanitizer Bahan kimia berhasil dampak yang cukup besar bagi kesehatan.

kecuali pembersih tangan berbahan dasar alkohol yang mudah terbakar juga dapat meningkatkan risiko infeksi virus menyebabkan peradangan pada saluran pencernaan. Oleh karena itu munculah ide untuk menggunakan bahan-bahan alami yang dapat mengurangi resiko tersebut munculnya gangguan pencernaan. Dan yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai handsanitizier adalah daun kemangi (Ocinum cannum).Tanaman ini merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat sebagai obat, pestisida nabati, penghasil minyak atsiri, sayuran dan minuman penyegar

BACA JUGA:  Urgensi Kesehatan Mental bagi Remaja

Beberapa referensi menyebutkan banyak manfaat yang terkandung dalam daun kemangiselain anti bakteri, diantaranya yaitu:

⦁ Khasiat Daun kemangi sangat baik untuk melawan radikal bebas, karena daun kemangi memiliki antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita Antioksidan dalam bentuk flavonoid dan Eugenol juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri, virus dan jamur.
⦁ Dapat membantu pertumbuhan tulang, karna daun kemangi memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang berperan penting dalam mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang.kemudian kandungan Astenol dan boron pada daun kemangi memberikan khasiat daun kemangi yang berperan aktif merangsang kerja hormon estrogen dan androgen, mencegah keropos tulang.
⦁ dapat membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh kita. Ini dilihat dari daun kemangi yang memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu merilekskan jantung dan juga pembuluh darah, sehingga menjaga aliran darah untuk tetap lancer.
⦁ dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh karena daun kemangi mengandung beta-karoten, yang dapat meningkatkan respon antibodi, jadi dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan betakaroten juga dapat mendukung sintesis protein, sehingga mendukung proses pertumbuhan dan juga dapat memperbaiki sel yang rusak. Selain itu, khasiat daun kemangi kandungan betakarotennya membantu meningkatkan fungsi visual.
⦁ Khasiat daun kemangi dapat membantu untuk mencegah kemandulan. Ini karena daun kemangi mengandung zat arginin yang dapat memprkuat daya hidup sperma sehingga dapat mencegah kemandulan. Selain itu, daun kemangi juga mengandung zat eugenol dan apigenin fenkhona yang dapat membantu meningkatkan kualitas ereksi dan mencegah ejakulasi dini.
⦁ Mengobati Panu dengan cara cukup mudah. Ambil segenggam daun kemangi dan cuci bersih, setelah itu haluskan. Beri sedikit air campuran kapur sirih dan selanjutnya balurkan pada bagian kulit yang terserang panu. Sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari.
⦁ Mengobati sariawan, ambil daun kemangi kira-kira 50 helai dan cuci hingga bersih. Selanjutnyakunyah daun tersebut kurang lebih dua hinggatiga menit. Setelah halus, telah daun kemangi tersebut dan langsung minum air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan maksimal 3 kali dalam sehari
⦁ Menghilangkan mual dan flu dengan cara cukup mudah, pertama keringkan daun kemangi dan kemudian seduh layaknya teh. Minum air teh kemangi tersebut dua kali dalah sehari dan badan Anda akan sembuh dari mual serta menghalau flu datang.
⦁ Menghilangkan bau mulut, ambil daun kemangi, biji juga akarnya. Bersihkan dan kemudian seduh dengan air yang panas. Air seduhan tersebut bisa Anda tambahkan dengan gula merah atau madu. Minum air tersebut di setiap pagi sebelum beraktifitas.
⦁ Meredakan perut kembung. Caranya, rebus daun kemangi dengan bawang merah yang kemudian dicampur dengan minyak kelapa. Ramuan tersebut segera dioleskan pada perut yang dirasa kembung.

BACA JUGA:  Hepatitis B dapat Menular dari Ibu ke Anak? Yuk, Kenali Pencegahannya

Pembersih tangan alami, yaitu dari ekstrak Daun kemangi bisa menawarkan solusi serupa dengan bahaya hand sanitizer yang mengandung alkohol karena ekstraknya Daun kemangi mengandung minyak atsiri. Itulah yang terjadi dalam penelitian ini Tujuannya adalah untuk menawarkan solusi alami dan praktis untuk melindungi tangan dari bakteri ketika sabun dan air tidak tersedia. Sebagai tambahannya untuk mengoptimalkan manfaat daun kemangi dalam pembuatan hand sanitizer sebagai antibakteri.

BACA JUGA:  Emotional Eating: Pengaruh Stres terhadap Perilaku Makan Mahasiswa

Lala Ananda oktavia
Mahasiswa S1 Farmasi Universitas Binawan

Pos terkait