Hari Jum’at, Waktu yang Tepat Membaca Surah Al kahfi

“Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat.”

DEPOKPOS – Dalam agama Islam bukan hanya ibadah sholat,puasa zakat saja yang memiliki keutamaan,membaca Alqur’an pun banyak sekali keutamaannya bagi umat Islam.

Banyak manfaat yang bisa di dapatkan dari membaca surah surah dalam Alqur’an ,salah satunya jika anda rutin membaca surah Al kahfi di hari Jum’at.

BACA JUGA:  Shafiyyah, Muslimah Pertama yang Menghunus Pedang di Medan Perang

Sebuah hadist mengatakan “Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

Surah Al kahfi termasuk surah makkiyah karena di turunkan di kota Makkah. Keutamaan surah Al kahfi berkaitan erat dengan kebiasaan Rasulullah Saw.

Mengutip buku Aktivasi Mukjizat Hari Jumat karya Rizem Aizid, waktu terbaik dalam membaca surat Al Kahfi yaitu pada malam Jumat, tepatnya hari Kamis setelah Magrib hingga hari Jumat setelah Ashar. Mereka yang membaca surat Al Kahfi saat hari Jumat akan mendapatkan banyak khasiat dan keistimewaan dari Allah SWT.

BACA JUGA:  Doa Sambut Ramadhan Sesuai Sunnah: Arab, Latin, dan Terjemahan

Menurut keterangan hadits yang dinukil dari Abdullah bin Umar RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda mengenai salah satu keutamaan membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat. Rasulullah SAW bersabda,

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، سَطَعَ لَهُ نُورٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءِ، يُضِيءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وغُفر لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ ”

BACA JUGA:  Konsep Ju’alah pada Kehidupan Seorang Muslim

Artinya: “Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

Oleh karenanya kita sebagai umat islam sangat di anjurkan untuk membaca surah Al kahfi agar selalu mendapatkan manfaat dan keutamaannya.

Zakiya Nur Qolbi

Pos terkait