Hassanudin Pastikan Stok Beras di Sumut Tetap Aman

MJ, Deli Serdang – Hassanudin Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara turut hadir saat panen padi di Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang.

Pj. Gubernur Sumatra Utara, Hassanudin, memastikan stok beras di Sumut tetap aman saat ini. “Saat kegiatan berlangsung, stok beras di Sumut masih aman dan panen padi di Deli Serdang berjalan tepat waktu,” kata Hassanudin.

Menurut data, Provinsi Sumatra Utara memiliki cukup stok beras dan surplus ketersediaan pangan. “Jadwal tanam yang tepat waktu memungkinkan panen juga tepat waktu. Mudah-mudahan panen ini bisa memperbaiki harga beras di pasaran,” lanjutnya usai panen padi di Desa Wonosari Tanjung Morawa Deli Serdang, Selasa (27/2).

BACA JUGA:  Manfaat Permohonan Pra-BAP di Imigrasi Batulicin

Pemerintah Provinsi Sumut telah melakukan intervensi untuk menjaga ketersediaan pangan dan mengawasi stabilitas harga di pasaran. Mulai dari pasar murah hingga sinergi dengan pihak terkait dalam mengawal jalur distribusi.

BACA JUGA:  Muslim Jaya ButarButar: Putusan MK Tidak Mengubah hasil pemilu Tetap MK Menguatkan keputusan KPU Menetapkan Paslon 02 Pemenang Pemilu Pilpres

Secara nasional, stok beras mengalami tekanan akibat iklim El Nino. Namun, Sumut tidak terdampak oleh fenomena tersebut. “Pemerintah pusat memprediksi stok beras secara Nasional akan mengalami tekanan, tetapi Sumut tidak terdampak akan El Nino tersebut,” tambah Hassanudin.

Hassanudin juga mengajak seluruh kepala daerah untuk memantau ketersediaan stok beras di daerah masing-masing. “Khususnya di seluruh wilayah Sumut, saya himbau kepala daerah tetap memantau ketersediaan agar stok pangan terkendali,” harap Pj. Gubsu.

BACA JUGA:  Presiden Joko Widodo Kunjungi Sumut: Rangkaian Kegiatan dan Antusiasme Masyarakat

Sementara itu, Bupati Deliserdang, Muhammad Ali Yusuf Siregar, menyatakan panen tersebut menjadi bukti ketersediaan pangan di Sumut tetap aman. “Kabupaten Deli Serdang salah satu lumbung padi dan andalan penyumbang bahan pangan di Sumatra Utara,” ujar Bupati Ali Yusuf.

Pos terkait